Minggu 17 Januari 2021

Ingin Turun Berat Badan Yang Aman ? Perhatikan Hal Berikut

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Banyak pola untuk turun berat badan yang saat ini banyak digandrungi oleh masyarakat, untuk memiliki berat badan yang ideal. Sebetulnya menurunkan berat badan selain untuk penampilan juga menurunkan resiko terkena penyakit berbahaya seperti obesitas. Demi mewujudkan impian tersebut, berikut sederet tips mengatur turun berat badan cerdas yang aman untuk dicoba.

Cara aman Turun Berat Badan Yang Ideal 

1.  Membuat Jadwal Makan

turun berat badan fokusjabar.id
Ilustrasi (Web)

Hingga detik ini, masih banyak masyarakat yang salah kaprah terhadap arti kata diet. Diet bukan berarti Anda tidak mengkonsumsi makanan sedikitpun, atau sengaja melewatkan waktu makan agar berat badan lebih cepat turun. Justru cara diet inilah yang salah, karena melewatkan waktu makan akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. 

Usai melakukan aktivitas, tubuh membutuhkan isi ulang energi yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi makanan serta minuman. Dengan kata lain, manusia tidak bisa hidup tanpa mengkonsumsinya setiap hari dan sebaiknya tidak melewatkan waktu makan. Sebab sengaja melewatkan waktu makan hanya akan membuat perut merasa lapar dan meningkatkan keinginan makan.

Ketika Anda terus melaksanakan cara diet yang kurang tepat ini, ada kemungkinan gula darah akan mengalami penurunan dan naik kembali secara drastis. Kondisi ini semakin diperparah ketika Anda tidak dapat mengelola stres dengan baik. Sebab tubuh dan pikiran yang stres, juga berdampak pada keberhasilan mengatur turun berat badan.

Salah satu cara turun diet sehat yang bisa Anda coba, yaitu tetap makan tiga kali sehari hanya saja porsi makan lebih diperhatikan. Apabila tertarik mengurangi porsi makan, sebaiknya membagi waktu makan besar menjadi 6 kali dalam porsi kecil saja. Selain itu, berikan porsi khusus untuk sayuran dan makanan pokok dengan jumlah sedikit lebih besar dibandingkan lainnya.

BACA JUGA: Bayi Tertua Lahir Selamat, Usianya Beda 18 Bulan Dengan Sang Ibu

2. Ubah Kebiasaan Buruk

Tidak hanya mengatur jadwal makan teratur, sebab Anda juga harus menyeimbangkannya dengan menghindari kebiasaan buruk agar diet berhasil dilakukan. Mulai dari menerapkan gaya hidup sehat, tidur yang cukup setiap harinya, serta sebisa mungkin menghindari begadang akibat lembur bisa diminimalisir terlebih dahulu.

Ada juga sebaiknya mulai mengurangi kebiasaan seperti merokok atau mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol jika ingin menerapkan diet sehat. Meski pada awalnya menghilangkan kebiasaan lama cukup sulit dilakukan, namun lambat laun Anda bisa merasakan perbedaan sebelum dan sesudah menerapkannya.

Jika pola hidup sehat sudah menjadi sebuah kebiasaan baru, Anda tidak akan merasa tersiksa seperti pertama kali menerapkan diet sehat atau lebih kapada mengatur berat badan yang ideal. Agar diet sehat berjalan sempurna sesuai keinginan, sebaiknya hindari pikiran bahwa mengatur turun berat badan cukup sulit dilakukan. Sebab, hal yang perlu Anda lakukan adalah menjalaninya dengan tulus agar berjalan lancar tanpa beban.

3. Tidak Memilih Makanan Sembarangan

turun berat badan fokusjabar.id
Ilustrasi (Web)

Siapa yang tidak senang dengan makanan manis, asin, berminyak, dan berlemak ? Semua jenis makanan tersebut, ternyata harus Anda jauhi sementara demi keberhasilan program diet sehat yang dijalankan. Sebab, semua makanan yang begitu lezat tersebut ternyata tidak terlalu baik jika dikonsumsi terlalu berlebihan.

Apabila muncul keinginan untuk mengkonsumsi makanan favorit, sebaiknya alihkan pikiran dan menukarnya dengan menu makanan jauh lebih sehat. Namun Anda tidak boleh memilih jenis makanan sembarangan, sebab apapun jenis yang dikonsumsi akan berpengaruh pada keberhasilan diet sehat Anda di kemudian hari.

Rekomendasi makanan yang bisa membantu melancarkan program diet sehat Anda seperti daging merah dan daging putih tanpa lemak, buah buahan segar, sayuran, susu rendah lemak, kacang dan biji bijian, serta makanan kaya pati resisten. Konsumsi jenis makanan tersebut secara rutin lalu dapatkan keuntungannya.

Oatmeal termasuk makanan sehat yang banyak direkomendasikan selama Anda menjalani program diet. Makanan kaya serat ini, diklaim memiliki indeks glikemik cukup rendah dan kaya akan protein hingga vitamin D. Agar rasanya semakin lezat dan tidak membosankan, Anda bisa mencampurnya dengan berbagai buah buahan segar dan konsumsi sebagai sarapan.

Selama menjalani program mengatur turun berat badan ini, sebaiknya hindari konsumsi makanan kemasan yang banyak ditemukan di toko terdekat dan tidak mengkonsumsi gorengan. Sebab, jenis makanan tersebut dapat menggagalkan diet Anda terutama jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup melimpah.

4. Mengatur Porsi Makanan

Meski ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat menjalani program diet sehat, namun sebenarnya semua jenis makanan tetap dibutuhkan oleh tubuh. Dalam artian, sebenarnya kita boleh mengkonsumsi semua jenis makanan asalkan dapat mengatur porsinya dengan tepat. Sebab diet bukan berarti memangkas porsi makan, namun sesuaikan dengan kebutuhan kalori harian.

Sebenarnya tidak ada cara menghitung jumlah kebutuhan kalori ketika menjalani diet sehat, karena setiap orang membutuhkan kalori dalam jumlah yang berbeda. Meski demikian, idealnya diet dikatakan berhasil ketika Anda bisa mengurangi massa tubuh sekitar 500 kalori per harinya. Ketika dihitung kembali, setidaknya Anda akan kehilangan 0.5 hingga 1 kg untuk satu minggunya.

5. Kurangi Konsumsi Gula dan Garam

turun berat badan
Ilustrasi (Web)

Mengurangi konsumsi gula dan garam termasuk kunci sukses keberhasilan mengatur turun berat badan yang aman dilakukan. Meski cara diet sehat satu ini masih dipandang remeh, namun bagi siapapun yang menjalaninya pasti merasakan khasiatnya di masa mendatang. Tidak hanya mensukseskan turun berat badan sehat saja, namun cara ini diklaim mampu menjamin kesehatan tubuh Anda.

Hal ini dikarenakan makanan berminyak, mengandung garam dan gula, serta lemak berkalori tentu tidak baik dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Bahkan menurut penelitian dari para ahli, makanan dengan tingkat kalori cukup tinggi akan beresiko terhadap kesehatan tubuh manusia terutama jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar setiap harinya.

Apabila kebiasaan ini terus dilakukan, ada beberapa resiko penyakit berbahaya yang siap mengintai di masa depan. Mulai dari hipertensi, penyakit jantung, kolesterol tinggi, serta kenaikan berat badan ideal yang cukup signifikan dapat terjadi. Demi meminimalisir terserang penyakit berbahaya, akan lebih baik jika menghindari konsumsi makanan kurang sehat sejak dini.

Bahkan Kementerian Kesehatan RI telah memberikan rekomendasi kepada warganya untuk membatasi konsumsi gula, lemak, dan garam lewat prinsip G4G1L5. Maksudnya Anda hanya perlu mengkonsumsi gula 4 sdm, garam 1 sdm, lemak 5 sdm setiap harinya. Apabila ingin mengkonsumsi makanan manis, sebaiknya beralih dari gula pasir dengan pemanis rendah kalori sebagai alternatifnya.

BACA JUGA: 17 Cara Diet Alami Tanpa Obat

6. Seimbangi dengan Olahraga

Cara mengatur turun berat badan ideal selanjutnya yaitu menyeimbangkannya dengan olahraga rutin. Hal ini dikarenakan tubuh perlu membakar kalori berlebih yang masuk ke dalam tubuh, serta membantu pembentukan otot. Luangkan waktu sekitar 30 menit setiap hari dengan melakukan olahraga ringan seperti jogging, lalu lihatlah hasilnya di kemudian hari.

Pernahkah mendapati teman atau bahkan diri Anda sendiri berkeinginan untuk turun berat badan, namun tidak kunjung dilaksanakan karena dirasa berat ? Kondisi ini terjadi, karena diet dibayangkan sebagai waktu dimana Anda tidak boleh mengkonsumsi makanan favorit. Sebenarnya cara pandang ini tidak sepenuhnya benar, karena Anda hanya perlu menerapkan tips di atas. 

Dengan melakukannya secara konsisten maka Anda bisa turun berat badan secara signifikan bahakan bisa mengatur berat badan hingga sesuai dengan yang diinginkan. 

(Anthika Asmara) 

Artikel Lainnya

Ingin Turun Berat Badan Yang Aman ? Perhatikan Hal Berikut 1
Ingin Turun Berat Badan Yang Aman ? Perhatikan Hal Berikut 2