spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Emil Arahkan Dana DIPA untuk Penanganan Covid-19

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (Emil) mengarahkan agar Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) 2021 digunakan untuk memaksimalkan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

    “Mari kita fokuskan anggaran itu untuk memaksimalkan penanganan Covid-19. Mudah-mudahan pandemi ini bisa terkendali segera,” kata Emil di Bandung, Kamis (4/12/2020).

    Tidak hanya untuk penanganan Covid-19, Emil pun berpesan agar seluruh kepala daerah di Jawa Barat memperhatikan bansos bagi warga terdampak. Sebab, kata dia, bansos diberikan saat adanya pengetatan terkait kesehatan di beberapa daerah.

    BACA JUGA: Dana DIPA Diarahkan untuk Covid-19

    Untuk wilayah Jabar, dana APBN 2021 telah dialokasikan melalui DIPA satker kementrian atau lembaga Rp51,1 trilyun dengan kegiatan tersebar di 27 kabupaten/kota.

    Emil pun akan memanfaatkan anggaran TKDD untuk mendorong sektor ketahanan pangan, pariwisata lokal dan digitalisasi desa. Terlebih ketahanan pangan penting pascapandemi ini.

    Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jabar Kementerian Keuangan RI Djoko Hendratto mengatakan bahwa keberhasilan mengendalikan Covid-19 menjadi faktor penting dalam pemulihan ekonomi. Dia berharap dana DIPA kali ini bisa menunjang pemulihan ekonomi di Jabar.

    “Presiden pun meminta agar pusat dan pemda bekerja keras dalam mempercepat proses keuangan berjalan efektif,” kata dia.

    (Solihin)

    Berita Terbaru

    spot_img