spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Puskesmas Garut Bersiap Sambut Vaksin Covid-19

    GARUT,FOKUSJabar.id: Puskesmas Garut Jawa Barat (Jabar) tengah bersiap menyambut datangnya vaksin Corona Virus Disease (Covid-19). Selain menyiapkan tenaga kesehatan, sejumlah fasilitas penunjang lainnya juga disiapkan.

    Salah satu pusat kesehatan masyarakat yang mulai bersiap adalah Puskesmas Cipanas Garut, Kecamatan Tarogong Kaler. Di puskesmas tersebut, tempat penyimpanan vaksin sudah disiapkan.

    Pihak puskesmas menyiapkan sebuah tempat khusus untuk menyimpan vaksin Covid-19. Bentuknya seperti boks berukuran besar.

    FOKUSJabar.id Garut
    Boks Penyimpanan Vaksin Corona. Ilustrasi ( Web )

    “Ini untuk persiapan vaksinasi Covid-19. Pelaksanaannya mungkin sekitar awal tahun,” kata  Kepala Puskesmas Cipanas, Khusnul Khotimah, Rabu (2/12/2020).

    BACA JUGA: Kadisdik: Ini Syarat Belajar Tatap Muka di Garut

    Selain menyiapkan tempat penyimpanan vaksin, pihaknya juga menyiapkan sejumlah tenaga kesehatan yang nantinya akan dikerahkan untuk melakukan vaksinasi. Mereka sudah dilatih.

    “Sudah ada tenaga medis yang dilatih untuk persiapan vaksinasi. Jadi kita tunggu dropping vaksinnya,” ujar Khusnul.

    Vaksin Covid-19 rencananya mulai didistribusikan oleh pemerintah pusat awal 2021 mendatang. Ada dua jenis vaksin yang akan didistribusikan yakni Sinovac dari Biofarma dan Sinopharm dari Kimia Farma, dilansir dari detikcom.

    Khusnul menambahkan, ada sekitar dua ribuan warga Tarogong Kaler yang akan disuntik vaksin oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Cipanas ini.

    “Di wilayah kerja puskesmas, ada sekitar 2.000. Di antaranya tenaga kesehatan, jejaring klinik, kemudian ASN, guru, pelayanan umum seperti pegawai hotel dan rumah makan. Itu tahap pertama,” pungkas Khusnul.

    (Nendy)

    Berita Terbaru

    spot_img