Selasa 26 Januari 2021

Matchday Keempat Grup B Liga Champions 2020/21, Misi Balas Dendam Real Madrid

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Matchday keempat grup B Liga Champions 2020/21, Real Madrid akan bertandang ke markas Shakhtar Donetsk di NSC Olimpiyskiy, Kiev, Rabu (2/11/2020) dini hari WIB. Kedua tim akan mengejar kemenangan untuk bisa menjaga asa di kompetisi antar klub kasta teratas di benua biru.

Bertandang ke kandang Shaktar, Real Madrid datang dengan modal kurang baik. Pasalnya, pasukan Zinedine Zidane baru saja kalah dari Deportivo Alaves 1-2 di Estadio Alfredo Di Stefano pada lanjutan La Liga, Minggu (29/11/2020). Sekaligus menjadi kegagalan ketiga secara beruntun Los Blancos meraih kemenangan.

Namun di ajang Liga Champions 2020/21, Madrid punya motivasi tambahan setelah di laga sebelumnya menekuk Inter Milan 2-0 di kandangnya. Dua gol Madrid dicetak melalui penalti Eden Hazard dan gol bunuh diri Achraf Hakimi.

BACA JUGA: Masuk Zona Merah, Pemkot Bandung Lakukan Langkah Strategis

fokusjabar.id liga champions 2020/21
Zidane saat memimpin latihan tim Real Madrid di NSC Olimpiyskiy, Kiev. (FOTO: UEFA)

Zidane mengakui jika timnya belum menemukan konsistensi untuk saat ini. Meski demikian, dia yakin jika masa sulit yang dihadapi Real Madrid selalu bisa diatasi dengan baik..

“Rasa lapar kami untuk menang masih sama, tapi kami berada dalam situasi aneh yang dipengaruhi cedera, pramusim. Keinginan tidak pernah hilang di klub ini. Para pemain tahu di mana mereka berada dan apa artinya bermain untuk Madrid. Kami selalu memiliki keinginan. Dan laga kali ini adalah pertandingan paling penting di fase grup karena tiga poin bisa mengamankan kualifikasi kami,” kata Zidane dikutip dari laman resmi UEFA Champions League, Selasa (1/12/2020).

Sementara di kubu tuan rumah, Shakhtar dalam kondisi positif usai meraih kemenangan 1-0 atas Dnipro-1 pada lanjutan Liga Ukraina. Tapi performa mereka di Liga Champions justru berbeda dengan Madrid usai kalah telak 0-4 atas Borussia Monchengladbach di matchday ketiga.

Saat ini, Real Madrid berada di posisi dua grup B dengan poin tujuh terpaut satu angka dari Borussia Monchengladbach sebagai pemuncak sementara. Sedangkan Shakhtar Donetsk di peringkat tiga terpaut tiga poin dari Los Blancos.

Untuk menjaga asa tampil di babak 16 besar Liga Champions 2020/21, Shakhtar tidak boleh kalah dari Madrid. Begitu pula di kjubu Real Madrid yang harus mampu menjinakkan Shakhtar untuk memastikan satu tiket ke fase knockout.

Pertemuan terakhir kedua tim di Liga Champions terjadi pada babak penyisihan grup, 21 Oktober 2020. Secara mengejutkan, Shaktar justru berhasil mempermalukan Madrid di kandangnya Santiago Bernabeu dengan skor 2-3.

Tiga gol bagi Shaktar saat itu dicetak Teta menit 29, gol bunuh diri Varane menit 33 dan Manor Solomon pada menit 42. Sedangkan gol Real Madrid dicetak Luca Modrić pada menit 54, dan Vinícius Júnior di menit 59.

fokusjabar.id liga champions 2020/21
Manor Solomon saat mencetak gol ketiga bagi Shaktar Donetsk pada pertemuan terakhir timnya kontra Real Madrid di Liga Champions. (FOTO: WEB)

BACA JUGA: 1 Desember Peringatan Hari AIDS Sedunia

Pelatih Shakhtar Donetsk Luís Castro mengatakan, dia akan menerapkan strategi yang berbeda di matchday keempat pada Rabu (2/12/2020) dinihari WIB. Dia mengaku akan melakukan beberapa perubahan dan punya keyakinan bisa mengulang sukses laga sebelumnya dengan mengalahkan Real Madrid.

“Mereka sudah tahu lebih banyak tentang kami setelah pertandingan sebelumnya di Madrid. Saat itu, kami bisa saja diremehkan dan kami harus menjadi sangat kuat besok saat melawan tim hebat seperti Real Madrid. Akan ada beberapa perubahan dan kami berpikir memiliki kemampuan untuk mengalahkan Real Madrid lagi,” kata Luis Castro.

Matchday keempat Liga Champions 2020/21 pun, dipastikan akan jadi pembalasan pasukan Zinedine Zidane. Tak hanya membalas kekalahan di pertemuan terakhir atas Shaktar tapi juga menjadi kemenangan pertama Los Blancos setelah puasa tiga poin di tiga laga sebelumnya di La Liga.

Head to Head Shakhtar Donetsk vs Real Madrid di Liga Champions
21-10-2020 : Real Madrid 2-3 Shakhtar Donetsk
26-11-2015 : Shakhtar Donetsk 3-4 Real Madrid
16-09-2015 : Real Madrid 4-0 Shakhtar Donetsk

Prediksi Line Up
Shakhtar Donetsk (4-2-3-1)
Pemain: Pyatov (GK); Dodo, Bondar, Matvienko, Cipriano; Maycon, Antonio; Tete, Marlos, Solomon; Moraes.
Pelatih: Luis Castro

Real Madrid (4-3-3)
Pemain: Courtois (GK); Vazquez, Varane, Nacho, Mendy; Kroos, Casemiro, Odegaard; Vinicius, Benzema, Rodrygo.
Pelatih: Zinedine Zidane

Kick off matchday keempat grup B Liga Champions 2020/21 antara Shaktar Donetsk kontra Real Madrid akan berlangsung Rabu (2/11/2020) mulai pukul 00.55 WIB. Rencananya, laga akan disiarkan langsung melalui layanan live streaming vidio.com.

(Ageng)

Artikel Lainnya

Matchday Keempat Grup B Liga Champions 2020/21, Misi Balas Dendam Real Madrid 2
Matchday Keempat Grup B Liga Champions 2020/21, Misi Balas Dendam Real Madrid 3