Senin 18 Januari 2021

Pandemi Covid-19, Disdik Ciamis Pantau Perkembangan Siswa Lewat Gerilya Pendidikan

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dinas Pendidikan (Disdik) Ciamis Jawa Barat (Jabar) terus memantau perkembangan siswa di masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Salah satunya dengan gerilya pendidikan

Sekretaris Dinas Pendidikan Ciamis, Asep Saeful Rahmat mengatakan, gerilya pendidikan perlu dilakukan, khususnya untuk siswa kelas I dan II. Pasalnya, mereka membutuhkan bimbingan belajar dalam hal menulis dan membaca.

Gerilya pendidikan itu guru datang ke rumah siswa ketika dibutuhkan. Di mana sebelumnya telah berkomunikasi dengan orangtua. Ketika ada kesulitan guru membimbing siswa dalam hal belajar menulis dan membaca,” katanya, Rabu (25/11/2020).

BACA JUGA: Harga Sayuran di Ciamis mengalami Kenaikan Akibat Musim Hujan

Menurut Asep, cara tersebut sangat berpengaruh untuk perkembangan pendidikan siswa saat pandemi Covid-19. Selain membimbing juga mendekatkan antara  guru dengan siswa. Karena selama pandemi kegiatan belajar mengajar di sekolah dihentikan.

“Menulis dan membaca merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap siswa kelas bawah. Karena ini menjadi penting ke depannya untuk mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya,” ucapnya.

Asep mengatakan, Gerilya Pendidikan dilakukan setiap dibutuhkan atau tidak setiap hari. Biasanya dilakukan satu sampai dua kali dalam seminggu.

“Kami masih melakukan pembelajaran daring. Mengingat kasus Covid-19 di Ciamis masih mengalami peningkatan. Kalau sebelumnya pernah melaksanakan luring, belajar berkelompok sekarang tidak diberlakukan lagi. Khawatir terjadi penyebaran virus Corona. Sekarang lebih ke cara ini,” pungkasnya. 

(Riza M Irfansyah/Bambang) 

Artikel Lainnya

Pandemi Covid-19, Disdik Ciamis Pantau Perkembangan Siswa Lewat Gerilya Pendidikan 1
Pandemi Covid-19, Disdik Ciamis Pantau Perkembangan Siswa Lewat Gerilya Pendidikan 2