Senin 30 November 2020

Manfaat Membaca Surat Yasin Sebanyak 3 Kali

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Mungkin kita pernah membaca surat yasin, Tetapi mungkin banyak juga yang tidak memperhatikan manfaat membaca surat yasin.

Memang membaca surat yasin adalah rutinitas wajib bagi sebagian umat Islam, Ada yang mempercayai manfaatnya atau sebagian mempercayai membaca surat yasin sama dengan surat-surat lain.

Tetapi tidak ada yang salah dengan membaca bagian dari ayat suci Al-Quran ini bukan?

Di malam Nisyfu Sya’ban membaca surat yasin sebanyak 3x akan lebih bisa dirasakan. Pasalnya malam Nisyfu Sya’ban adalah malam yang sangat baik untuk melakukan sesuatu hal yang baik.

Misalnya saja seperti membaca surat yasin sebanyak 3x. Surat yasin ini juga biasa dibaca setelah salat fardhu.

BACA JUGA: 8 Manfaat Surat Al-Insyirah untuk Hati

Namun surat yasin ini juga biasa dibaca ketika ada orang sedang sakaratul maut, mengirim doa untuk keluarga, kerabat, atau juga untuk teman yang sudah meninggal, dan bisa juga dibaca sebagai ungkapan rasa syukur.

Surat yasin merupakan salah satu surat yang ada dalam Al-Quran, kitab suci umat Islam, Letaknya berada pada surat ke-36 dalam Al-Quran.

Terdiri dari 83 ayat, surat yasin ini termasuk golongan surat Al-Makkiyah. Surat yasin ini sering dijuluki juga sebagai jantung dari Al-Quran.

Hal ini disebabkan karena surat yasin mengandung makna yang cukup dalam, Yakni mengenai dihidupkannya kembali makhluk ciptaan Allah SWT atau Tuhan Semesta Alam, jadi tidak heran jika manfaat membaca surat yasin sebanyak 3x ada banyak sekali.

Banyak juga yang mengatakan bahwa Al-Quran memang tidak hanya ditujukan untuk umat Islam tetapi untuk seluruh makhluk di alam semesta.

Memang terkesan tidak masuk akal bukan? Karena memang semua orang yang mempercayai adanya Tuhan, jika membicarakan kepercayaaan seringkali tidak sesuai dengan nalar.

Tetapi hal ini memang benar, karena tanpa mempercayai sesuatu yang tidak masuk akal, tidak akan ada orang yang mempercayai keberadaan Tuhan Semesta Alam. Termasuk mempercayai manfaat dari membaca surat yasin sebanyak 3x ini.

Berikut penjelasan mengenai manfaat membaca surat yasin sebanyak 3x yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Manfaat Membaca Surat Yasin Sebanyak 3x: Doa agar Hidup Berkah

FOKUSJabar.id Surat Yasin
Ilustrasi ( Web )

Manfaat membaca surat yasin sebanyak 3x ternyata bisa membuat keberkahan hidup semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena pahala membaca ayat suci Al-Quran ini. Jika hidup menjadi lebih berkah maka segala urusan di dunia maupun di akhirat pasti akan lebih lancar.

Bahkan surat yasin juga dipercaya dapat mempermudah segala urusan, karena Allah selalu memberi jalan kepada hamba-hambanya yang taat. Seperti membaca ayat suci Al-Quran salah satunya surat yasin.

“Barang siapa yang membaca surat yasin sepenuhnya dan saat mencapai pada ayat 58 surat yasin tersebut diulang sebanyak 7 kali maka allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya.”

2. Manfaat Membaca Surat Yasin Sebanyak 3x: Rezeki Lancar

FOKUSJabar.id Surat Yasin
Ilustrasi ( Web )

Surat yasin ini juga merupakan salah satu jalan agar bisa mendapatkan kelancaran rezeki. Termasuk juga kelancaran rezeki ini berupa dimudahkan segala keinginan dan hajatnya, dengan terus istiqomah dan berusaha sekuat tenaga maka Allah SWT akan semakin mempermudah segalanya.

“Barang siapa yang membaca surat yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari  maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunaan daarimi juz 2 halaman 549).

3. Manfaat Membaca Surat Yasin Sebanyak 3x: Dijauhkan Dari Petaka

FOKUSJabar.id Surat Yasin
Ilustrasi ( Web )

Surat yasin ini merupakan salah satu cara agar bisa terbebas dari petaka. Allah SWT akan lebih melindungi, termasuk diselamatkan selama hidup di dunia, tidak diberi penyakit yang membahayakan, mati syahid, dimudahkan saat akan keluar ruh, bahkan diberi keselamatan juga ketika di akhirat nanti.

“Barang siapa yang membiasakan membaca yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR.At- thobroni, dari pernyataan Anas bin malik).

4. Manfaat Membaca Surat Yasin Sebanyak 3x: Kebahagiaan

FOKUSJabar.id Surat Yasin
Ilustrasi ( Web )

Surat yasin juga bisa mendatangkan hati yang selalu dilingkupi dengan perasaan bahagia. Terutama ketika surat yasin ini dibaca setiap hari, selain akan membuat batin menjadi lebih tenang dan tidak gelisah, akan banyak orang juga yang menyukai atas izin Allah SWT.

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Ar-ra’ad :28).

5. Manfaat Membaca Surat Yasin Sebanyak 3x: Diampuni Dosa

FOKUSJabar.id Surat Yasin
Ilustrasi ( Web )

Surat yasin selain dapat mendatangkan keselamatan dan kebahagiaan ternyata juga bisa membuat pahala yang didapat lebih berlipat ganda. Selain itu, dosa-dosa yang dimiliki semasa hidup walaupun dosa itu sebesar gunung akan semakin mudah diampuni oleh Allah SWT.

“Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhoan Allah maka diampuni dosa-dosanya.” (HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu hurairah ra).

6. Manfaat Membaca Surat Yasin Sebanyak 3x: Meringankan Siksa Kubur

FOKUSJabar.id Surat Yasin
Ilustrasi ( Web )

Membaca surat yasin untuk orang yang sudah meninggal akan membuat siksa kuburnya menjadi lebih ringan. Begitu juga ketika dia adalah orang yang baik maka kesejukan dalam kubur akan semakin menenangkan dan tidak ada rasa takut sedikitpun. Selain itu juga akan mendapat pahala sebanyak penghuni kubur.

“Barang siap yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan surat yasin maka pada hari itu Allah SWT meringankan siksa kubur mereka dan diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur diperkuburan itu.” (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373). 

Berikut adalah manfaat dan penjelasan mengenai manfaat surat yasin ketika di baca sebanyak 3x, Mudah-mudah, kita bisa mengamalkan nya setiap hari, dilansir dari Liputan6.

(Nendy)

Artikel Lainnya

Moza Mini S Gimbal Di Bawah 1 Jutaan

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Gimbal merupakan salah satu alat yang cukup...

8 Tips Menjaga Kesehatan Ala Rasulullah SAW

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Sehat, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam (SAW) merupakan sosok teladan bagi umat muslim di seluruh dunia. Tidak hanya teladan dalam hal...

17 Cara Diet Alami Tanpa Obat

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Diet alami merupakan Cara terbaik untuk mendapatkan berat badan ideal. Memang, hasilnya tidak akan terlihat secepat jika Anda mengonsumsi obat diet atau menjalani...

Bek Persib Suka Liga Inggris

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemain belakang Persib Bandung, Victor Igbonefo, menilai Liga Primer Inggris hingga saat ini masih menjadi kompetisi terbaik di dunia. Meski begitu, menurut pemain naturalisasi...

2017, Henhen Herdiana Saingi Kapten Persib

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemain belakang (Bek) Persib Bandung, Henhen Herdiana mengatakan, sosok pelatih yang paling berjasa dalam karier sepakbola dia adalah Jaino Matos. Menurut Henhen, Jaino merupakan...

Oded Terbitkan 7 Intruksi Pencegahan Covid-19, Ini Isinya

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya menyelesaikan persoalan pandemi Covid-19 di Kota Bandung. Berbagai peraturan telah ditebitkan guna mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan...

Tokoh Aksi 212 Terdepak dari Kepengurusan MUI

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Sejumlah tokoh yang kerap berafiliasi dengan aksi 212 seperti Bachtiar Nasir, Yusuf Martak, dan Tengku Zulkarnain terdepak dari kepengurusan baru Majelis Ulama Indonesia...