Selasa 1 Desember 2020

10 Manfaat Kecambah dan Efek Sampingnya

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kecambah atau taoge adalah tumbuhan (sporofit) muda yang berkembang dari tahap embrionik di dalam biji.

Tahap perkembangannya disebut perkecambahan dan merupakan satu tahap kritis dalam kehidupan tumbuhan.

Kecambah biasanya dibagi menjadi tiga bagian utama. Yakni, Radikula (akar embrio), Hipokotil dan Kotiledon (daun lembaga).

Dua kelas dari tumbuhan berbunga dibedakan dari cacah daun lembaganya, monokotil dan dikotil.

BACA JUGA: Hindari Diabetes Tipe 2 dengan Rajin Minum Teh Ini

Tumbuhan berbiji terbuka lebih bervariasi dalam cacah lembaganya. Kecambah pinus misalnya, dapat memiliki hingga delapan daun lembaga. Beberapa jenis tumbuhan berbunga tidak memiliki kotiledon dan disebut akotiledon.

Taoge sering digunakan sebagai bahan pangan dan digolongkan sebagai sayur-sayuran. Khazanah boga Asia mengenal sebagai bagian dari menu yang cukup umum.

Taoge dikatakan makanan sehat karena kaya akan vitamen E namun dikritik pula karena beberapa di antaranya membentuk zat antigizi.

Dalam pembuatan Taoge dibutuhkan biji-bijian atau kacang-kacangan yang sehat, tidak busuk, dan bersih dari pestisida serta lingkungan yang optimal berupa ruang gelap, lembap dan kadar air yang cukup.

Siapkan wadah berlubang dengan dasar yang datar. Kemudian di bagian dasarnya dilapisi dengan kapas atau kain basah. Kemudian diletakkan alas berupa kain yang merupakan tempat menyebar benih atau biji.

Pada tahap awal produksi, dilakukan pencucian dan perendaman benih selama 6-8 jam dengan air kemudian benih yang telah disiapkan akan disebar di alas kain yang telah disiapkan sebelumnya.

Setiap 2-3 kali dalam sehari dilakukan penyiraman dengan air bersih. Setelah 3-5 hari, taoge sudah dapat dipanen.

Proses pembuatan taoge dapat dilakukan sepanjang tahun, tidak memerlukan sinar matahari dan dapat dilakukan pada musim apapun.

Taoge merupakan pangan yang rendah kadar lemak, kaya vitamin C serta memiliki folat dan protein yang dapat memperkecil risiko timbulnya penyakit Kardiovaskular dan merendahkkan LDL dalam darah.

Mengandung fitoestrogen yang dapat berfungsi seperti estrogen bagi wanita. Estrogen tersebut dapat meningkatkan kepadatan dan susunan tulang serta mencegah kerapuhan tulang (osteoporosis) khususnya bagi wanita yang berada pada masa menopause.

kecambah fokusjabar.id
(foto web)

Manfaat Taoge:

  1. Mengonsumsi Taoge juga dapat membantu wanita terhindar dari kanker payudara, gangguan menjelang menstruasi, keluhan semburat panas pada pra-menopause dan gangguan akibat menopause.
  2. Taoge juga memiliki kemampuan mengurangi risiko terkena artriis, memperlancar pencernaan, reproduksi dan saluran kelenjar (glandular).
  3. Kaya antioksidan

Kacang hijau adalah salah satu tanaman yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kadar antioksidan tersebut dapat bertambah ketika kacang hijau dikembangkan menjadi Taoge. 

Bahkan, antioksidan yang ada di dalam kecambah disebut enam kali lebih besar dibandingkan dengan kacang hijau. Antioksidan adalah komponen yang sangat baik bagi tubuh. Sebab dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas yang memicu kerusakan sel dan mencegah berbagai penyakit berbahaya.

  1. Baik untuk diet

Taoge juga kaya akan serat sehingga baik untuk para pejuang diet karena akan menjaga perut kenyang lebih lama, sehingga keinginan untuk makan pun bisa berkurang.

Taoge yang berasal dari kacang-kacangan juga bisa menjadi sumber protein yang baik untuk tubuh.

Protein merupakan komponen penting dalam proses penurunan berat badan. Sebab, protein dapat membantu menekan nafsu makan sehingga menurunkan asupan kalori harian.

  1. Membantu menurunkan gula darah

Manfaat kecambah yang satu ini, juga didapatkan dari kandungan serat yang ada di dalamnya. Serat akan memperlambat penyerapan gula ke dalam darah, sehingga mencegah kenaikan kadar gula darah dan menurunkan kadarnya.

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Mengonsumsi kecambah juga dinilai dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Sebab, tanaman yang satu ini dipercaya juga bisa membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Keduanya merupakan faktor risiko utama dari penyakit jantung.

  1. Meredakan stres dan gangguan kecemasan

Manfaat kecambah yang satu ini mungkin bagi sebagian orang cukup mengherankan. Namun, taoge mengandung vitamin C, zinc, dan magnesium.

Ketiga komponen tersebut dipercaya dapat menyeimbangkan suasana hati, meredakan kecemasan, dan membuat tidur jadi lebih nyenyak.

  1. Baik untuk kulit

Masih ingat bahwa Taoge mengandung antioksidan yang cukup tinggi? Kandungan ini membuatnya juga baik untuk kesehatan kulit. Sebab, antioksidan akan membantu mencegah efek paparan radikal bebas berlebih. Seperti kulit keriput dan bekas luka. Antioksidan juga akan membantu kulit terlihat lebih kenyal dan sehat.

  1. Membantu mencegah bayi cacat lahir

Taoge juga mengandung asam folat. Komponen ini penting dalam kehamilan, karena bisa membantu menurunkan risiko bayi lahir dalam kondisi cacat.

Meski begitu, ibu hamil perlu lebih berhati-hati dalam mengonsumsi kecambah. Pastikan kecambah dimasak hingga matang untuk menghindari risiko kontaminasi bakteri.

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Taoge juga terkenal dengan kandungan vitamin K yang dimilikinya. Seperti yang kita tahu, vitamin K sangat dibutuhkan dalam proses pembekuan darah.

Mengandung juga vitamin C yang diperlukan untuk memproduksi kolagen. Kolagen merupakan komponen paling dasar untuk memperbaiki kerusakan di pembuluh darah, jaringan, sel, dan otot.

Meski manfaat kecambah untuk kesehatan begitu berlimpah, namun ada efek samping yang mungkin muncul, tetap tidak bisa dielakkan.

Meski tidak sering, konsumsi kecambah bisa membuat beberapa orang sakit perut. Bahkan, tanaman yang satu ini dinilai bisa mengganggu sistem pertahanan tubuh.

  • Kecambah bisa memicu sakit perut

Taoge yang dikonsumsi dalam keadaan mentah, berisiko menimbulkan sakit perut. Kandungan bakteri yang terkandung dalam kecambah memang cukup tinggi. Sebab, kecambah tumbuh dalam kondisi lingkungan yang lembap, suatu lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk tumbuh.

Bakteri seperti E.coli dan Salmonella lah yang cukup sering dikaitkan dengan taoge. Jika masuk ke tubuh, kedua bakteri tersebut bisa menyebabkan mual, muntah dan diare.

  • Kecambah dapat mengganggu sistem imun

Tidak hanya bakteri, taoge juga rentan dihinggapi oleh patogen atau penyebab penyakit yang lebih serius, seperti jamur dan virus. Apabila sistem imun Anda sedang lemah saat mengonsumsi sayuran ini, maka risiko Anda terinfeksi bakteri, jamur, ataupun virus menjadi lebih tinggi.

(Bambang Fouristian/berbagai sumber)

Artikel Lainnya

Kadisdik: Ini Syarat Belajar Tatap Muka di Garut

GARUT,FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Garut Jawa Barat...

Pemkot Bandung Bakal Perbanyak Kampung Wisata Kreatif

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bakal memperbanyak Kampung Wisata Kreatif, Selasa (24/11/2020). Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Kenny Dewi Kaniansar mengatakan, Hal...

Ini Profil Wali Kota Cimahi dan Rumah Sakit Terkait OTT KPK di Jumat Keramat

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Operasi Tangkap Tangan (OTT). Kasus yang disangkakan pada orang nomor satu...

Ingin Amati Gerhana Bulan Penumbra Senin (30/11) Besok, Catat Waktunya

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Fenomena gerhana bulan penumbra akan terjadi pada Senin (30/11/2020) meski hanya bisa dilihat sebagian prosesnya di wilayah Indonesia. Hal tersebut diungkapkan melalui laman...

Ingin Amati Gerhana Bulan Penumbra Senin (30/11) Besok, Catat Waktunya

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Fenomena gerhana bulan penumbra akan terjadi pada Senin (30/11/2020) meski hanya bisa dilihat sebagian prosesnya di wilayah Indonesia. Hal tersebut diungkapkan melalui laman...

Di Masa Pandemi, Warga Ciamis Diberikan Keringanan Pajak

CIAMIS, FOKUSJabar. Id: Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Ciamis memberikan keringanan pembayaran pajak pada warganya di masa pandemi, Rabu (25/11/2020). Kepala BPKD Kabupaten Ciamis...

Dosa Berhijab Gaya Punuk Unta

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Berhijab Gaya punuk unta zaman sekarang ini tengah trend. Namun apakah anda tahu bahwa Gaya berhijab tersebut bertentangan dengan apa yang ada dalam...