spot_img
Jumat 24 Mei 2024
spot_img
More

    5 Fakta Menarik Kemenangan Manchester United atas Leipzig

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Manchester United menang telak atas RB Leipzig pada matchday ketiga babak penyisihan grup H Liga Champions Eropa 2020/2021, Rabu (28/10/2020) atai Kamis (29/10/2020) dinihari WIB. Marcus Rashford tampil sebagai supersub dengan mencetak hattrick ditambah dua gol lainnya dari Mason Greenwood dan Anthony Martial.

    Kemenangan besar yang diraih Manchester United tersebut, menjadi kemenangan terbesar di babak penyisihan grup H Liga Champions Eropa 2020/2021.

    Pada matchday penyisihan grup Liga Champions Eropa 2020/2021, kemenangan besar lain diraih Bayern Muenchen yang mengalahkan Atletico Madrid dengan skor 4-0, lalu Atalanta menekuk Midtjylland 4-0, serta Barcelona kontra Ferencvaros yang berakhir dengan skor 5-1.

    Namun kemenangan dengan selisih lima gol, baru tercipta pada laga Manchester United kontra RB Leipzig di stadion Old Trafford pada Kamis (29/10/2020) dinihari WIB.

    BACA JUGA: Pandemi, Para Siswa Ini Tetap Berkreasi

    Tak hanya itu, beberapa catatan menarik pun tercipta pada laga tersebut seperti dilansir skor.id.

    1. Kemenangan Kandang Perdana Manchester United
    Kemenangan The Red Devils atas RB Leipzig pada babak penyisihan grup H Liga Champions Eropa 2020/2021, tak hanya menjadi kemenangan terbesar tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Namun, inilah kemenangan perdana Setan Merah di kandang mereka, stadion Old Trafford.

    Keangkeran Old Trafford nampaknya mulai pudar pada musim 2020/2021. Bagaimana tidak, MU tidak pernah mencetak kemenangan di tiga laga kandang Liga Premier Inggris 2020/2021.

    fokusjabar.id manchester united leipzig liga champions
    Kemenangan perdana MU di Old Trafford. (FOTO: WEB)

    Kalah atas tim promosi Crystal Palace 1-3, lalu dicukur Tottenham Hotspurs 1-6, dan terakhir imbang 0-0 kontra Chelsea.

    Tim asuhan Solskjaer justru meraih kemenangan pada laga tandang. Di Liga Premier Inggris 2020/2021, MU menang 3-0 di kandang Luton dan mengalahkan Newcastle Unites di kandangnya dengan skor 4-1.

    Serta di matchday pertama grup H Liga Champions Eropa 2020/2021, menang atas PSG dengan skor 1-2 di Parc de Princes.

    2. Gol Debut Greenwood di Liga Champions Eropa
    Manchester United membuka kemenangan 5-0 melalui kaki pemain muda mereka, Mason Greenwood. Penyerang yang genap berusia 19 tahun pada 1 Oktober lalu itu, mencetak gol pada menit 21 memaksimalkan umpan dari Paul Pogba. Dia digantikan Marcus Rashford pada menit 63.

    fokusjabar.id manchester united leipzig liga champions
    Gol perdana Mason Greenwood pada debutnya di Liga Champions Eropa. (FOTO: Istimewa)

    Ini menjadi gol perdana Greenwood di penampilan perdananya di Liga Champions Eropa. Gol tersebut pun menambah perbendaharaan gol Greenwood di kompetisi Eropa menjadi enam gol setelah di musim 2019/2020 mencetak lima gol di Piala UEFA menyamai torehan rekan setimnya Marcus Rashford

    Tak hanya itu, Mason Greenwood pun masuk dalam daftar pemain termuda Manchester United yang mencetak gol di Liga Champions di usia 19 tahun 27 hari. Rekor pencetak gol termuda The Red Devils di Liga Champions masih dipegang Wayne Rooney di usia 18 tahun 11 bulan 4 hari dengan mencetak hattrick saat debut melawan Fenerbahce pada 2004.

    Greenwood mengungguli rekan senegaranya seperti David Beckham, Phil Jones hingga Rashford dalam daftar pencetak gol termuda Manchester United di Liga Champions.

    3. Gol Kandang Pertama Rashford di Musim 2020/2021
    Gol perdana Rashford ke gawang RB Leipzig dicetak pada menit 74 memanfaatkan umpan Bruno Fernandes. Langsung berhadapan dengan kiper Peter Gulacsi, Rashford sukses menggetarkan jala gawang Leipzig dan mencatatkan namanya di papan skor.

    fokusjabar.id manchester united leipzig liga champions
    Marcus Rashford dan Bruno Fernandes. (FOTO: WEB)

    Wasit sempat mengecek VAR untuk melihat apakah gol tersebut berbau offside atau tidak. Inilah gol pertama Rashford di Old Trafford selama tampil membela Manchester United di musim 2020/2021.

    Dan bagi Bruno Fernandes, inilah assist ke-12 selama membela Manchester United sekaligus yang terbanyak di era Ole Gunnar Solskjaer sejak Desember 2018.

    4. Brace Pertama Rashford di Liga Champions Eropa
    Pada menit 78, Rashford berhasil membobol gawang Leipzig untuk kali kedua. Memanfaatkan umpan Fred, Rashford sedikit mendribel bola sebelum kembali menaklukkan Peter Gulacsi.

    fokusjabar.id manchester united leipzig liga champions
    Gol yang dicetak Marcus Rashford ke gawang RB Leipzig. (FOTO: WEB)

    Inilah brace pertama Rashford di kompetisi Liga Champions Eropa. Sekaligus mengulang momen brace yang dicetak pemain Manchester United yang datang dari bangku cadangan.

    Terakhir, pemain pengganti yang mampu mencetak brace adalah David Beckham saat Manchester United menang 4-3 atas Real Madrid pada April 2003. Beckham masuk menggantikan Juan Sebastian Veron pada menit 63 dan mencetak gol di menit 77 serta 84.

    5. Hattrick Pemain Pengganti Pertama Sejak 1999
    Nama Marcus Rashford tak tampak di starting line up Manchester United saat menjamu RB Leipzig di matchday kedua grup H Liga Champions Eropa 2020/2021. Sang pelatih Ole Gunnar Solskjaer lebih memilih duet Mason Greenwood dan Anthony Martial untuk mengisi lini depan The Red Devils yang menerapkan skema 4-3-1-2.

    Rashford sendiri baru masuk di babak kedua, tepatnya pada menit 63 menggantikan Mason Greenwood. 11 menit menginjak rumput lapangan Old Trafford, Rasford langsung mencetak gol pertamanya di menit 74, lalu brace di menit 78, dan hattrick di masa injury time 90+2′.

    fokusjabar.id manchester united leipzig liga champions
    Marcus Rashford mencetak hattrick pada matchday kedua penyisihan grup H Liga Champions Eropa kontra RB Leipzig. (FOTO; WEB)

    Inilah hattrick dari seorang supersub di Manchester United yang sudah lama tak terdengar. Terakhir kali pemain pengganti mencetak trigol bagi United terjadi pada 6 Februari 1999.

    Dia adalah Ole Gunnar Solskjaer yang menjadi pelatih Manchester United saat ini. Solskjaer menjadi bagian dari kemenangan 8-1 United atas Nottingham Forest.

    Sebagai penyerang kedua, Solskjaer masuk menggantikan Dwight Yorke yang sudah mencetak dua gol pada menit 75. Hattrick bagi si penyerang berwajah bayi itu tercipta hanya dalam 10 menit. Yakni menit 80, lalu pada menit 88, dan menit 90. Bahkan Solskjaer mencetak quatrick di laga tersebut pada menit 90+1.

    fokusjabar.id manchester united leipzig liga champions
    Marcus Rashford mengulang sejarah yang dicetak Ole Gunnar Solskjaer pada 6 Februari 1999. (FOTO: WEB)

    “Marcus menunjukkan jika dia bisa terus fokus pada apa yang penting di dalam dan di luar lapangan saat ini. Dia melakukannya dengan sangat baik hari ini dengan masuk dari bangku cadangan,” kata Solskjaer.

    “Kami melakukan beberapa perubahan hari ini karena Minggu Anda harus kembali siap untuk hal itu (pertandingan melawan Arsenal). Kami perlu memetik poin,” pelatih asal Norwegia itu menambahkan.

    BACA JUGA: Pelatih Persib Cari Talenta Muda Berbakat

    Apakah keangkeran Old Trafford serta ketajaman Marcus Rashford sudah kembali? Kita lihat pada laga kandang Manchester United selanjutnya saat menjamu Arsenal pada matchday keenam Liga Premier Inggris yang akan berlangsung pada Minggu (1/11/2020) malam WIB.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img