Rabu 21 Oktober 2020

NPCI Jabar Gelar Seminar Peningkatan Kualitas Tenaga Olah Raga Disabilitas

BANDUNG,FOKUSJabar.id: National Paralympic Committe Of Indonesia (NPCI) Provinsi Jawa Barat terus berupaya meningkatkan kualitas tenaga olahraga disabilitas. Salah satunya dengan menggelar kegiatan Seminar dan Workshop Peningkatan Kualitas Ketenagaolahragaan Disabilitas di Hotel Grage Sangkan Kuningan, 13-17 Oktober 2020.

Sebagai wadah pembinaan olahraga disabilitas, kegiatan seminar merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan NPCI Jabar. Kegiatan sendiri dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jabar Engkus Sutisna.

“Sebagai mitra kerja dispora, NPCI Jabar telah menunjukan peningkatan prestasi dari berbagai segi. Baik dari segi manajemen, organisasi dan tentunya prestasi itu sendiri,” ujar Engkus.

Melalui kegiatan tersebut, lanjut dia, NPCI diharapkan dapat lebih dikenal dan dipahami masyarakat luas. “Ini karena olahraga disabilitas telah menunjukan prestasi yang luar biasa,” kata dia.

fokusjabar.id npci jabar seminar
Kepala Dispora Jabar Engkus Sutisna. (FOTO: Istimewa)

BACA JUGA: Valentino Rossi Bukan yang Pertama Positif Covid-19 di Tim Yamaha

Ketua Pelaksana Seminar Yayan Henri Danisukmara mengatakan, kegiatan seminar diikuti oleh 30 orang peserta. Mereka merupakan perwakilan pelatih dan Bidang Bina Prestasi dari Pengcab NPCI Kabupaten/Kota Se-Jabar.

“Selain dengan Dispora Jabar, penyelengaraan kegiatan seminar ini pun bekerjasama dengan PT Pertamina (Persero) sebagai salah satu upaya keterlibataan pihak BUMN mendorong peran serta dan keterlibatan penyandang disabilitas untuk lebih terpacu mengembangkan diri melalui prestasi olah raga yang dikembangkan Ketua Umum NPCI Jabar Supriatna Gumilar,” kata Yayan.

Pada kegiatan seminar kali ini, kata Yayan, dihadirkan beberapa pemateri yang memiliki latar belakang pengalaman yang berkaitan dengan disabilitas. Mulai dari dosen sekaligus praktisi bidang disabilitas Tri Budi Santoso, pelatih Nasional dan mantan manusia tercepat Asia Suryo Agung, hingga praktisi Pendidikan dan motivator Andi Supriadi.

“Karena digelar disaat pandemi, kita terapkan protokol kesehatan yang ketat pada penyelenggaraan seminar ini seperti anjuran pemerintah. Para peserta diwajibkan melaksanakan rapid test dari daerahnya masing masing untuk bisa mengikuti kegiatan,” kata dia.

BACA JUGA: Genjot Pemulihan Ekonomi, Bank bjb Dorong Pembiayaan UMKM

fokusjabar.id npci jabar seminar
Ketua Umum NPCI Jabar Supriyatna Gumilar. (FOTO: Istimewa)

Sementara Ketua Umum NPCI Jabar Supriatna Gumilar betharap kegiatan ini dapat memicu peran serta sumber daya manusia di pengcab NPCI kabupaten dan kota agar secara maksimal mengembangkan diri. Selain itu, pihak pengcab NPCI kabupaten dan kota bisa terus melakukan sosialisasi terkait olahraga disabilitas ke masyarakat luas.

“Tunjukan prestasi dan kembangkan komunikasi yang aktif dengan perangkat kerja di kabupaten kota masing masing. Harus diingat, bapak Gubernur telah menitipkan pesan dan target agar NPCI Jabar mampu mempertahankan gelar juara umum pada perhelatan Peparnas Papua 2021 mendatang,” kata Supriyatna.

Jawa Barat, lanjut dia, merupakan penyumbang terbanyak atlet di Pelatnas NPCI pusat. Bahkan empat atlet NPCI Jabar telah lolos kualifikasi untuk bertanding di Paralimpiade Tokyo, Jepang.

“Ini harus menjadi motivasi bagi semua pengcab NPCI kabupaten kota di Jabar untuk terus membina atlet disabilitas sehingga bisa berprestasi hingga level dunia. Seminar ini menjadi awal, karena dengan kualitas tenaga olahraga disabilitas yang baik akan melahirkan atlet yang baik pula,” kata dia.

(Ageng)

Artikel Lainnya

130 Ton Sampah Kota Bandung Tak Terangkut Ke TPA

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bidang Kebersihan Dinas lingkungan hidup dan kebersihan (DLHK)...

Puncak Pasir Dalem Jaksa Tempat Wisata Baru di Ciharalang Ciamis

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Puncak Pasir Dalem Jaksa yang berada di atas perkampungan Dusun Cibodas, Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis Jabar akan dijadikan tempat wisata alam...

Bank bjb Siapkan UMKM Sumedang Hadapi Persaingan Usaha

SUMEDANG,FOKUSJabar.id: bank bjb memberikan pelatihan kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Sumedang. Pelatihan tersebut dilaksanakan melalui program UMKM Juara...

Stephen Chow Bangkrut Terlilit Hutang

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Stephen Chow, Aktor sekaligus sutradara tengah mengalami krisis keuangan gegara terlilit utang, Rabu (14/10/2020). Aktor komedi itu berhutang kepada investor dan mantan kekasihnya, pewaris...

2 Nelayan Ditemukan Selamat, Bupati Garut: Ini Mukjizat

GARUT,FOKUSJabar.id: Dua orang nelayan (Ara dan Oih) warga Kampung/Desa Mancagahar, RT01/06, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jabar yang dikabarkan hilang sejak Minggu (11/10/2020) lalu, saat...

Thomas Partey Pilih Arsenal Dibanding Juventus dan Chelsea, Ini Alasannya

INGGRIS,FOKUSJabar.id: Arsenal berhasil memboyong salah satu pemain incarannya Thomas Partey dari Atletico Madrid pada 5 Oktober 2020. Gelandang timnas Ghana itu pun memiliki alasan...

Puncak Pasir Dalem Jaksa Tempat Wisata Baru di Ciharalang Ciamis

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Puncak Pasir Dalem Jaksa yang berada di atas perkampungan Dusun Cibodas, Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis Jabar akan dijadikan tempat wisata alam...