Rabu 21 Oktober 2020

Pemda Pangandaran Gulirkan Hotana, Ini Tujuannya

PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Jabar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memiliki program Hotel dan Restoran Tanggap Bencana (Hotana).

Program tersebut digulirkan dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) perhotelan dan restoran yang tanggap bencana.

Pjs Bupati Pangandaran, Dani Ramdan mengatakan, pelaksanaan  kegiatan sosialisasi program hotel dan restaurantanggap bencana (Hotana) dan diskusi persiapan pembentukan Forum Relawan Pengurangan Risiko Bencana dilaksanakan di Tempat Evakuasi Sementara (TES) atau Shelter Tsunami.

Baca Juga: Kesembuhan Pasien Covid-19 di Kota Banjar Meningkat

“Sosialisasi program Hotana diikuti oleh seluruh karyawan hotel dan restauran yang ada di Pangandaran secara bergiliran. Jumlahnya 30 peserta pe rhari dalam sebulan ke depan,” kata Dani, Rabu (14/10/2020).

Selain Hotana, pihaknya juga menggelar pelatihan Desa Tangguh Bencana (Destana) dan program Keluarga Tangguh Bencana (Katana).

“Saya harap dalam satu tahun ke depan setiap hari di gedung TES tsunami Pangandaran ramai didatangi pengunjung sebagai Resilience Center/Pusat Ketangguhan Bencana Masyarakat Pangandaran,” harapnya.

Kata Dani, Pangandaran sebagai tujuan wisata berkelas dunia perlu dukungan dari berbagai sektor. Karenanya, pemerintah akan terus berusaha menunjang pengembangan di sektor pariwisata.

“Pangandaran punya cita – cita yaitu ingin menjadi destinasi wisata kelas dunia. Jadi, apa yang kita lakukan, pantainya diperbaiki, hotelnya bagus – bagus. Bandara kita siapkan supaya ada penerbangan langsung, jalan tol akan dibangun, jalur kereta Api akan dihidupkan kembali. Itu langkah – langkah kita menuju Pangandaran menjadi destinasi kelas dunia,” katanya.

Namun, keamanan dan kenyamanan juga harus berkelas dunia. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengeluarkan program Hotana.

“Satu hal yang jangan kita lupakan bahwa destinasi wisata kelas dunia itu harus mempunyai sistem dan manajemen pencegahan dan penanggulangan bencana kelas dunia juga. Karena dimana pun di dunia ini semua tempat wisata alam pasti dibaliknya itu ada potensi bencana. Untuk itu, kepentingan wisata dengan kepentingan mitigasi bencana itu harus bersama-sama,” ungkapnya

Wisatawan sekarang ini sudah semakin kritis. Mereka mencari tempat wisata yang selain indah juga nyaman.

“Semakin ke sini wisatawan kita semakin kritis terpelajar. Anak milineal, bisa memilih kemana harus berwisata yang nyaman. Makanya kita sebagai para pelaku wisata, sebagai ujung tombak kita ingin membangun paradigma baru wisata bukan hanya indah, nyaman tempatnya bagus tetapi safety,” tegas Dani

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pangandaran, Suheryana mengatakan, dengan dilaksanaannya sosialisasi Hotana diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat. Terutama wisatawan yang akan berkunjung.

“Dengan kesiapsiagaan ini, artinya orang akan percaya dan datang ke pangandaran dengan perasaan nyaman, tenang sehingga wisatawan merasa betah,” katanya. 

Selain itu, agar seluruh pelaku wisata juga mengetahui bahwa di Pangandaran ada tempat evakuasi sementara.

“Selama ini,  Tempat Evakuasi Sementara (TES) terabaikan hingga terlihat kumuh karena kotor. Tapi sekarang tempat ini sudah bersih dan nyaman ketika digunakan,” pungkasnya.

(Agus/Bambang)

Artikel Lainnya

Sambut Kebijakan DP 0 Persen, BMW Akan Rilis Mobil Listrik Pertamanya?

BANDUNG,FOKUSJabar.id: BMW merespon positif kebijakan Bank Indonesia (BI) terkait...

PPDI Pangandaran Tuntut Pemerintah Agar Tempat Waktu Bayar Siltap

 PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Pangandaran memiliki tuntutan kepada pemerintah pada Harlah ke 7 tahun ini yang jatuh pada Senin (19/10/2020) Tuntutan pertama...

Puncak Pasir Dalem Jaksa Tempat Wisata Baru di Ciharalang Ciamis

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Puncak Pasir Dalem Jaksa yang berada di atas perkampungan Dusun Cibodas, Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis Jabar akan dijadikan tempat wisata alam...

Bank bjb Jalin Kesepakatan Kredit dengan HIPMI Jabar

BANDUNG,FOKUSJabar.id: bank bjb menjalin kerja sama kredit dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Barat. Kesepakatan diresmikan secara formal melalui penandatanganan MoU dan Perjanjian...

Wapres: Vaksinasi Sejalan Ajaran Islam

BANJAR,FOKUSJabar.id: Uji Klinis Vaksin Virus Corona akan disuntikkan pada jutaaan masyarakat. Pasalnya, Vaksin tersebut diadakan Pemerintah melalui kerjasama dengan negara-negara lain ataupun yang dikembangkan...

Duh, Robert Alberts Diminati Klub Luar Negeri

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts mengaku mendapat banyak tawaran dari beberapa klub luar negeri. Hal ini seiring dengan belum pastinya jadwal kompetisi...

Stephen Chow Bangkrut Terlilit Hutang

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Stephen Chow, Aktor sekaligus sutradara tengah mengalami krisis keuangan gegara terlilit utang, Rabu (14/10/2020). Aktor komedi itu berhutang kepada investor dan mantan kekasihnya, pewaris...