spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Ratusan Warga Pangandaran Terjaring Operasi Yustisi 3M

    PANGANDARAN, FOKUSJabar.id: Kabupaten Pangandaran merupakan kawasan objek wisata yang kerap dipadati para wisatawan untuk berlibur. Baik pengunjung maupun warga setempat diwajibkan menerapkan Protokol Kesehatan salah satunya mengenakan masker sebagai salah satu cara memutus penyebaran Covid-19.

    Untuk itu, operasi yustisi penegakan disiplin pemakaian masker secara rutin digelar. Sesuai dengan Instruksi Presiden RI Nomor 6 Tahun 2020. Salah satunya digelar Polsek Pangandaran, Sabtu (10/10/2020).

    Operasi yang dipimpin Kapolsek Pangandaran Kompol Suyadhi digelar seiring dengan pengetatan pembatasan sosial berskala mikro (PSBM) yang diterapkan di wilayah hukum Polsek Pangandaran, Polres Ciamis, Polda Jabar.

    BACA JUGA: Petani Pangandaran Kembali ke Sawah

    “Operasi ini salah satu cara untuk menumbuhkan kesadaran disiplin diri masing-masing individu tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan berupa penggunaan masker ditengah situasi pandemi Covid-19. Penggunaan masker salah satu cara yang efektif dan efisien untuk terhindar dari penyebaran Covid-19,” ujar Kompol Suyadi.

    FOKUSJabar.id Pangandaran
    Ilustasi (Web)

    Suyadi menjelaskan, sasaran dari operasi yustisi adalah warga yang tidak menggunakan masker. Mereka yang melanggar akan diberikan tindakan langsung mulai dari teguran lisan hingga sanksi denda.

    “Hasil operasi kali ini, empat warga diberikan tindakan langsung berupa teguran lisan, 78 orang mendapat teguran tertulis, empat orang dikenakan sanksi sosial membacakan Pancasila, dan 57 orang diganjar sanksi fisik berupa push up,” kata dia.

    Dia mengimbau seluruh warga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan pencehahan Covid-19. Salah satunya dengan cara yang sederhana yakni 3M atau memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta tidak berkerumun.

    “Itu salah satu upaya kita bersama memutus rantai penyebaran Covid-19,” ujar Kapolsek.

    (Agus/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img