spot_img
Rabu 30 November 2022
spot_img
More

    Usaha Potensial di Desa dengan Prospek yang Menjanjikan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Banyak usaha potensial di desa yang berfokus pada agribisnis dan agroindustri dengan mengandalkan sumber daya alam. Meskipun di desa, tidak memutus harapan untuk mengembangkan sebuah usaha. Apalagi dengan sumber daya alam berlimpah yang dapat dimanfaatkan sebagai modal utama usaha.

    Masih banyak orang yang beranggapan bahwa mencari nafkah di desa tidak akan mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dan menganggap kehidupan kota lebih menjanjikan. Namun ternyata membangun sebuah usaha di desa juga cukup menjanjikan. 

    5 jenis Usaha Potensial di Desa

    Anda sedang bingung mau memulai usaha di desa darimana? Berikut ini ada beberapa usaha yang memiliki prospek bagus untuk anda jalankan di desa.

    1. Beternak Hewan

    usaha potensial di desa
    Peternakan ayam petelur. (FOKUSJabar/Anthika Asmara)

    Usaha yang pertama adalah dengan beternak hewan. Bila usaha ini dikelola di kota-kota besar memanglah kurang cocok. Hal ini disebabkan kondisi lingkungannya tidak memadai. Begitu pula dengan pakan ternak, di kota jauh lebih sulit untuk mendapatkan kualitas pakan yang segar.

    Penjualan hewan ternak ini juga sangat menguntungkan, sapi dan kambing misalnya. Kedua hewan ini tentu akan sangat laris saat momen Idul Adha. Selain itu, susu yang dihasilkan juga dapat dimanfaatkan dan dijual.

    Kemudian bisa juga dengan ternak ayam kampung. Permintaan ayam kampung saat ini semakin membludak setiap harinya. hal ini tentu dapat anda manfaatkan untuk membuat peluang usaha.

    Ternak ayam kampung ini memang sangat cocok untuk masyarakat pedesaan karena rumah warga tidak sepadat pemukiman di kota. Selain itu, telur ayam pun juga dapat anda jual kembali ke perkotaan. Oleh karena itu, beternak hewan merupakan salah satu peluang usaha potensial di desa. Yang terpenting anda harus benar-benar menekuninya.

    1. Budidaya Ikan

    usaha potensial di desa
    Ilustrasi (Web)

    Membudidayakan ikan juga sangat cocok untuk dijalankan di desa. Anda hanya perlu memiliki kolam yang terbuat dari terpal untuk memulai bisnis ini. Ikan juga merupakan jenis lauk yang dibutuhkan sehari-hari. Sehingga budidaya ikan bisa menjadi peluang usaha yang cocok di desa.

    Sebelum melakukan usaha ini, sebaiknya anda melakukan riset di pasaran mengenai jenis ikan apa yang paling memiliki potensi bagus untuk di budidaya. Terdapat berbagai jenis ikan yang digemari oleh masyarakat umum, misalnya ikan lele, ikan nila, ikan gurame, dan lain sebagainya.

    BACA JUGA: Bertani Sayuran Manfaatkan Pekarangan, Ini Caranya

    1. Pertanian Teknik Hidroponik

    usaha potensial di Desa
    Pertanian hidroponik. (Ilustrasi/Web)

    Meskipun lahan dan tanah di desa masih banyak, namun tidak ada salahnya anda mencoba teknik pertanian hidroponik ini. Terlebih lagi teknik semacam ini sangat cocok untuk jenis tanaman sayuran yang bersifat musiman.

    Sehingga anda dapat mengontrol kualitas sayuran dengan baik. Hasil dari pertanian hidroponik ini dapat anda jual ke kota dengan melakukan kerjasama dengan pasar modern seperti swalayan dan supermarket. Kemudian usaha potensial di desa ini memang memerulakan lahan yang sangat sesuai. 

    1. Mengerjakan Kerajinan Handmade

    usaha potensial di desa
    Ilustrasi (Web)

    Ilustrasi (Web)Kerajinan tangan juga merupakan salah satu usaha potensial di desa. Dengan menjalankan bisnis ini anda bisa menciptakan peluang usaha bagi ibu-ibu yang menganggur di rumah. Jika bisnis ini dikelola dengan baik, hasilnya pun juga akan memuaskan. Anda bisa memilih berbagai aksesoris unik seperti anyaman bambu, kerajinan dari perca, dan lain-lain.

    Jika anda tinggal di daerah pesisir, bisa dengan memanfaatkan kerang yang tersebar di sepanjang bibir pantai. Kreasikan kerang ini menjadi barang yang mempunyai nilai jual. Seperti hiasan meja, gelang, kalung, dan aksesoris lainnya. Hasil karya tangan ini dapat anda jual di kota atau dengan menawarkannya kepada para pelancong yang singgah di desa anda.

    1. Menjadi Tauke/Pengepul

    usaha potensial di desa
    Ilustrasi (Web)

    Tauke merupakan pengepul atau mengumpulkan barang dan produk seperti hasil pertanian, perikanan, perkebunan, dan sebagainya yang kemudian dijual kembali ke kota dengan harga lebih tinggi. Dengan kata lain, Tauke ini merupakan perantara antara pihak produsen dan konsumen yang memang usaha potensial di desa melihat dari letak geografis.

    Itulah beberapa usaha potensial di desa yang dapat anda jadikan sebagai inspirasi. Untuk mengetahui usaha memiliki prospek menjanjikan lainnya, anda bisa mengunjungi website https://angkasa.co.id/.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img