spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Grab Ajak UMKM Lokal Berdigitalisasi Lewat Program Spesial  “BRAGA”

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Grab menyelenggarakan online bazaar GrabExpress dengan memberikan ruang 300 social seller untuk lebih dekat dengan para pembelinya. Hal itu dilakukan untuk memperingati hari jadi Kota Bandung ke 210 melalui program ‘Bandung Raoseun Ala Grab’ (BRAGA).  

    Tidak hanya itu, Grab pun bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung untuk mendukung pasar kreatif Bandung yang akan digelar di 9 mal di Kota Bandung.

    “Ada juga pelatihan virtual bagi pelaku UKM binaan Dekranasda Kota Bandung untuk bergabung di GrabMart dan Grabfood.  Kemudian ada pelatihan untuk istri mitra pengemudi Grab Bandung agar bisa berkembang melalui teknologi dan tetap bisa menjalankan usaha di tengah pandemi,” kata Head of West Indonesia, Grab Indoesia Richard Aditya, Selasa (29/9/2020).

    grab
    Ketua Dekranasda Kota Bandung Siti Muntamah (foto Web)

    Program BRAGA, kata Richard, menjadi aktivitas tepat untuk merayakanhari jadi Kota Bandung sambil mendorong perekonomian lokal. Menurut dia, sebagai penyumbang besar perekonomian negara, UMKM perlu diberi dukungan dan kesempatan agar semakin dekat dengan pembelinya guna meningkatkan penjualan.

    BACA JUGA: Grab Persaingan Tak Sehat, Hotman Geruduk KPPU

    “Pelatihan tentang digitalisasi juga sangat diperlukan para pelaku usaha agar mendapatkan pengetahuan tentang cara menjalankan bisnisnya melalui teknologi,” kata dia.

    Hal ini sejalan dengan misi GrabForGood untuk memastikan setiap orang bisa menikmati manfaat dari ekonomi digital dan tentu saja sangat dibutuhkan di era modern. Terlebih di masa pandemi yang memaksa masyarakat mengubah kebiasaan mereka dalam memenuhi kebutuhannya.

    “Terima kasih kepada Pemkot Bandung dan Dekranasda atas kepercayaannya, mari bersama mendukung UMKM Kota Bandung lebih maju agar ketahanan ekonomi tetap terjaga,” kata Richard.

    Ketua Dekranasda Kota Bandung Sitii Muntamah mengapresiasi Grab yang telah menyelenggarakan program BRAGA untuk memperingati hari jadi Kota Bandung.

    “Kami percaya rangkaian kegiatan seperti online bazaar dan pasar kreatif Bandung bisa memberikan ruang bagi UKM untuk merasakan produknya,” kata Siti.

    Pihaknya juga mengajak UKM untuk mulai memanfaatkan teknologi dan bergabung dalam platform digital seperti layanan GrabMart dan Grabfood agar lebih mudah mengembangkan usaha.

    grab
    GrabFood (foto WEB)

    “Terima kasih atas kerja sama dalam pelatihan virtual guna meningkatkan kapasitas dan daya saing para istri mitra Grab serta memberikan pendapatan tambahan dengan menjadi reseller atau dropshipper produk-produk hasil kerajinan UKM binaan Dekranasda Kota Bandung,” kata dia.

    Berikut 5 Rangkaian Program ‘Bandung Raoseun Ala Grab (BRAGA):

    1. Bandung Raoseun Belanja

    • Menyelenggarakan online bazaar GrabExpress dengan tema ‘Bandung Great Sale Ala Grab’. Memberikan ruang kepada lebih dari 300 social sellers asal Bandung, serta meningkatkan pendapatan mitra pengemudi melalui jasa pengantaran layanan GrabExpress.
    • Mendukung program pemerintah daerah: Dekranasda dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung menyelenggarakan Pasar Kreatif Bandung 2020 di sembilan mal besar di Bandung mulai 4 September – 25 Oktober 2020
    • Bekerjasama dengan pemerintah daerah: bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat menghadirkan Program Gelar Pangan Murah dengan GrabExpress untuk menjaga kestabilan harga bahan pangan di pasaran. Program ini akan berjalan pada September – Desember 2020.
    1. Bandung Raoseun di Lidah

    • Layanan GrabFood dan GrabMart: Grab mengajak masyarakat Bandung untuk mencicipi beragam menu masakan dari mitra merchant terbaik di Bandung yang terdapat di dalam aplikasi Grab.
    1. Bandung Raoseun di Jalan

    • Menghadirkan layanan GrabProtect: armada khusus pertama di Indonesia yang memberikan perlindungan tambahan bagi mitra pengemudi dan pelanggan berupa partisi dari plastik tebal untuk keamanan perjalanan dalam armada GrabCar dan GrabBike.

    Untuk menjalankan protokol kesehatan, mitra pengemudi Grab diberikan masker dan hand sanitizer selama menjalankan tugasnya. Selain itu, Grab juga akan mengecek suhu mitra pengemudi sekaligus menyemprot cairan disinfektan pada kendaraan yang digunakan oleh para mitra.

    1. Bandung Raoseun di Hati

    • Sepanjang September 2020, Grab mengajak masyarakat untuk membuat kisah unik dan paling tak terlupakan tentang Kota Bandung. Aktivitas ini juga mengajak para wisatawan untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan museum yang ada di Kota Bandung.
    1. Bandung Raoseun buat Usaha

    • Digitalisasi UMKM: Grab bekerja sama dengan Pemerintah Daerah melalui Dekranasda Kota Bandung guna meningkatkan kapasitas dan daya saing istri mitra Grab dan UKM binaan Dekranasda Kota Bandung. Akan dilakukan pendataan dan pemilihan pengrajin dari para Istri Mitra Grab yang menjadi mitra pengrajin serta UKM binaan Dekranasda Kota Bandung. Para pelaku usaha terpilih juga akan diberikan pelatihan bisnis pemasaran, kurasi produk, serta dibantu pemasaran produk-produknya dalam ekosistem digital yang dimiliki oleh Grab.

    (Olin)

    Berita Terbaru

    spot_img