spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Selangkah Lagi Widodo C Putra Raih Gol Terbaik Piala AFC

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gol akrobatik Widodo C Putra masuk dalam babak final nominasi gol terbaik sepanjang sejarah Piala Asia atau AFC Asian Cup Greatest Goal Bracket Challenge. Di babak final voting online gol terbaik di Piala Asia, gol eks pemain Petrokimia Putra Gresik ini bersaing dengan gol yang dicetak pemain Libanon, Abbas Chahrour.

    Gol tersebut dicetak Widodo C Putra saat Indonesia berlaga di ajang Piala Asia 2016 yang digelar di Uni Emirat Arab. Pada saat itu, Indonesia tergabung bersama Kuwait, Korea Selatan dan tuan rumah Uni Emirat Arab di grup A.

    Meski gagal lolos dari penyisihan grup A, namun gol yang dicetak pemain kelahiran Cilacap, 8 November 1970 itu mampu membuat nama Indonesia harum. Widodo menciptakan gol akrobatik dengan salto membelakangi gawang saat Indonesia berhadapan dengan Kuwait pada laga perdana penyisihan grup A di Stadion Mohammed Bin Zayed, 4 Desember 1996.

    Gol ‘balik bandung’ yang lesakkan ke gawang Kuwait tersebut tercipta saat laga baru berjalan 20 menit. Menerima umpan crossing dari Ronny Wabia dari sayap kanan, striker timnas era 1991-1999 ini langsung berbalik dan melakukan tendangan salto yang gagal digapai kiper Kuwait saat itu Khaled Al Fadhli.

    Nama Widodo C Putra pun langsung menjadi perbincangan jagad sepakbola Asia, bahkan dunia. Pujian pun diungkapkan pelatih Kuwait saat itu yakni Milan Macala atas gol yang dicetak gol pria yang kini menjadi pelatih Persita Tanggerang,

    “Kungfu goal! Saya tiga kali memimpikan gol tersebut,” ucap Macala dikutip BolaSport.com.

    BACA JUGA: Komunitas Skateboard Ciamis Minta Pemerintah Bangun Skatepark

    Sementara pesaing gol indah Widodo C Putra di babak final AFC Asian Cup Greatest Goal Bracket Challenge yakni gol pemain Libanon Abbas Chahrour yang dicetak saat Piala Asia 2000 saat Libanon menjadi tuan rumah.

    Abbas Chahrour mencetak gol indah ke gawang Irak pada menit 28 pada babak penyisihan grup A Piala Asia 2000 di Sports City Stadium, Beirut, 15 Oktober 2000. Berawal dari lemparan ke dalam yang langsung diarahkan ke kotak penalti, bola buangan pemain Irak langsung disambar Chahrour dengan sepakan setengah voli dari luar kotak penalti yang gagal dibendung kiper Irak, Hashim Khamis.

    fokusjabar.id widodo c putra
    Pooling AFC Asian Cup Greatest Goal Bracket Challenge Final. (FOTO: the-afc.com)

    Pooling gol terbaik sepanjang sejarah Piala Asia yang digelat AFC ini akan ditutup pada Rabu (23/9/2020) besok pada pukul 14:00 waktu setempat atau pukul 15.00 WIB. Saat ini, gol indah Widodo C Putra masih memimpin dengan perolehan 81 persen dibanding gol Abbas Chahrour yang mendapatkan 19 persen.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img