spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Saingi Gojek, Bos AirAsia Tony Fernandes Bikin SuperApp

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: CEO AirAsia Tony Fernandes dikabarkan sedang menyiapkan superapp yang akan menyaingi Gojek dan Grab, Senin (21/9/2020).

    Tony Fernandes mengatakan telah menyiapkan model bisnis baru untuk AirAsia sebelum pandemi virus corona datang.

    “Saya mulai siapkan bisnis model sebelum covid-19. Kami mengelola aset terbesar kami yakni data, ada 60 juta-70 juta pelanggan di ASEAN,” kata Tony Fernandes, Minggu (20/9).

    Fernandes menjelaskan ada dua hal yang mendorong dia mengubah model bisnis AirAsia. Pertama, platform yang AirAsia miliki. Kedua, produk-produk baru AirAsia.

    BACA JUGA: Asuransi Kesehatan Avrist Prime Hospital and Surgical Solusi Rumah Tangga

    “Saya punya platform yang luar biasa. Tapi saya hanya jual AirAsia. Saya mau jual semua tiket. Saya mau seperti Traveloka, walau mereka mengeluarkan saya,” kata dia.

    Fernandes menginginkan AirAsia.com menjadi platform ‘serba ada’ seperti superapp yang dimiliki Grab dan Gojek.

    Fernandes mengatakan, pihaknya telah menggandeng Expedia untuk menyediakan hotel. Selain itu, AirAsia telah masuk ke bisnis pengiriman makanan dan perusahaan logistik.

    “Kami ada perusahaan logistik yang besar. Kami melihat peluang seperti Amazon. Jadi bisa menjual produk lintas negara. e-Commerce lintas negara,” katanya.

    Fernandes mengakui perusahaan teknologi membutuhkan modal besar. Namun, perusahaannya sudah memiliki modal cukup yakni data pelanggan.

    Sehingga, AirAsia tak perlu lagi ‘bakar uang’ untuk akuisisi pelanggan.

    “Kami ada 30 juta pelanggan dalam loyalty program. Dari perspektif Indonesia, kami ingin bawa perusahaan menjadi Gojek, yang kami nilai perusahaan teknologi terbesar di Indonesia,” kata Fernandes.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img