spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Di Ciamis, 1 Hari 6 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kasus positif Covid-19 di kabupaten Ciamis terus meningkat, hari ini Senin (21/9/2020) dalam satu hari ada enam orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

    Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Ciamis dr Bayu Yudiawan mengatakan, meningkatnya penularan Covid-19 di kabupaten Ciamis mulai dari 15 September lalu. Kata dia, hingga saat setiap hari pihaknya menemukan kasus baru.  

    Dengan meningkatnya secara signifikan Covid-19 di Ciamis kata Bayu, bulan September 2020 ini merupakan puncak dari penularan Covid-19.

    Kemudian ditemukan kasus penularan lokal. Seperti temuan enam orang kasus baru, tiga diantaranya dari kontak tracing keluarga. Dua orang dari hasil tes swab masal dan satu orang pelaku perjalanan dari Bekasi yang memiliki gejala.

    “Sekarang jumlah kasus 58 orang, dua orang meninggal, 35 orang sembuh dan sisanya isolasi mandiri dan dirawat. Memang ada kenaikan tapi di banding daerah lain saat ini Ciamis masih terkendali,” katanya, Senin (21/9/2020).

    Bayu mengatakan Ciamis saat ini masih zona kuning, namun dengan kondisi saat ini dikepung beberapa daerah yang zona oranye. Sehingga ancaman penambahan kasus diprediksi akan terus meningkat baik secara kuantitas maupun intensitas.

    BACA JUGA: PNS Ciamis Positif Corona, Pemkab Berlakukan WFH

    Sebelumnya temuan kasus positif Corona di Ciamis ditemukan dengan rentang waktu seminggu atau dua Minggu. Tes masif juga mempengaruhi intensitas temuan kasus terkonfirmasi positif.

    “Ingat sekarang itu masih belum puncak. Tapi akhir September adalah baru memasuki puncak,” kata Bayu.

    Untuk itu, masyarakat Ciamis diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan 3M saat beraktivitas di luar ruangan yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Termasuk untuk kantor harus tersedia fentilasi yang cukup untuk sirkulasi udara. 

    Sedangkan untuk kasus PNS bagian Kesra yang tekonfirmasi positif, Gugus Tugas Covid-19 Ciamis menduga adanya kaitan dengan MTQ Subang beberapa waktu lalu. Karena pasien tersebut mengalami gejala setelah mengikuti MTQ Subang.

    “Ada beberapa yang memiliki gejala dalam satu rombongan itu setelah melakukan tracking kontak. Sekitar 5-6 orang setelah pulang dari Subang. Tapi kita belum bisa memastikannya, saat ini hasil swab testnya belum keluar,” kata dia.

    (Riza M Irfansyah/Antik)

     

    Berita Terbaru

    spot_img