spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Prakerja Gelombang 9 Sudah Dibuka, Ikuti Tahap-Tahap Ini Agar Insentif Cair

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Laman Kartu Prakerja Gelombang 9 telah dibuka, bagi yang sudah mendaftar dan pada Gelombang 8 belum lolos tinggal login di www.prakerja.go.id, Kamis, (17/7/20).

    Pada senin (14/7/20) program Kartu Prakerja pada Gelombang 8 ditutup, dikutip akun resmi Instagram Kartu Prakerja di @prakerja.go.id, pemberitahuan berupa SMS ke nomor yang terdaftar di laman Kartu Prakerja akan didapat oleh peserta yang lolos.

     

    View this post on Instagram

     

    Gelombang 9 Kartu Prakerja telah dibuka! ㅤㅤ 

    A post shared by Kartu Prakerja (@prakerja.go.id) on

    Selain itu untuk para peserta yang belum mendaftar pada Gelombang 8 ataupun yang belum lolos dapat mendaftar dan bergabung di Gelombang 9.

    Program ini adalah sebuah program yang dibuat untuk mengembangkan kompetensi dan bantuan uang yang nantinya akan dipakai untuk pelatihan di beberapa laman pelatihan yang sudah ditunjuk oleh pemerintah.

    Kartu Prakerja sendiri diperuntukan untuk para pencari kerja yang sebelumnya terkena PHK, belum mempunyai pekerjaan, diberhentikan dari pekerjaan disaat pandemi Covid-19 serta untuk pekerja yang ingin meningkatkan kompetensi.

    Syarat dari Kartu Prakerja Gelombang 9 sendiri adalah warga negara Indonesia usia 18 tahun ke atas tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

    Efek dari pandemi Covid-19 menimbulkan banyaknya pengangguran serta turunnya perekonomian sehingga dibuatlah program Kartu Prakerja oleh pemerintah, sementara ini Prakerja Gelombang 9 dikhususkan untuk pekerja yang kehilangan pekerjaan juga para pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak.

    Kartu Prakerja Gelombang 9

    Bagi masyarakat yang ingin mengikuti program Kartu Prakerja Gelombang 9, berikut tahapannya:

    1. Daftar

    Prakerja Gelombang 9 Daftar fokusjabar.id
    Daftar Prakerja Gelombang 9 (Web)

    Masuk laman prakerja.go.id lalu buat akun dan isi biodata yang sesuai dengan NIK dan KK.

    2. Seleksi

    Prakerja Gelombang 9 Seleksi fokusjabar.id
    Seleksi Prakerja Gelombang 9 (Web)

    Para pendaftar akan diberi soal-soal kemampuan dasar dan tes motivasi agar bisa lolos di Gelombang 9, biasanya akan ada berapa lama hasil seleksi tersebut akan muncul dan akan diberi nomor kartu prakerja serta biaya untuk mengikuti pelatihan. Biaya ini tidak bisa langsung dicairkan diberikan khusus untuk biaya pelatihan di beberpa platform digital yang telah ditentukan.

    3. Memilih Pelatihan

    Prakerja Gelombang 9 Memilih Pelatihan fokusjabar.id
    Memilih Pelatihan Prakerja Gelombang 9 (Web)

    Setelah lolos para peserta harus mengikuti pelatihan untuk mendapatkan sertifikat dari pelatihan Prakerja Gelombang 9 yang diikuti agar insentif turun. Pelatihan ini disediakan dibeberapa platform resmi yaitu Kemnaker, Sekolahmu, Pijar Mahir, Tokopedia, BukaLapak, Pintaria dan MauBelajarApa.

    4. Pelatihan Prakerja

    Prakerja Gelombang 9 Mengikuti Pelatihan fokusjabar.id
    Mengikuti Pelatihan Prakerja Gelombang 9 (Web)

    Peserta wajib mengikuti pelatihan yang telah dipilih dan tidak boleh melewatkan tahap-tahap pelatihan yang disediakan oleh platform resmi tersebut untuk mendapatkan sertifikat pelatihan.

    Pelatihan tersebut biasanya berupa menonton video, mengikuti webinar dan yang terakhir adalah mengikuti ujian dan semuanya wajib diikuti.

    5. Pemberian Ulasan dan Rating

    Prakerja Gelombang 9 Menulis Ulasan
    Menulis Ulasan dan Rating (Web)

    Setelah peserta mengikuti pelatihan online tersebut, peserta wajib untuk memberikan ulasan dan rating dari pelatihan yang diikuti.

    6. Sertifikat di Dashboard Prakerja

    Prakerja Gelombang 9 Sertifikat fokusjabar.id
    Sertifikat di Dashboar Prakerja (Web)

    Sertifikat dari pelatihan yang diikuti para peserta akan muncul setelah mengikuti tahap-tahap sebelumnya, ingat tahapan dari pelatihan itu wajib dikerjakan, apabila tidak diikuti tahap-tahap pelatihannya maka sertifikat tidak akan langsung keluar dan akan menimbulkan beberapa masalah.

    7. Mendapatkan Insentif dari Prakerja

    Mendapatkan Insentif (Web)

    Insentif akan didapatkan setelah sertifikat pelatihan muncul di dashboard Prakerja dan yang harus diperhatikan adalah status pelatihan yang diikuti oleh peserta berstatus selesai, berbeda dengan ketika masih dalam masa pelatihan maka status akan bertuliskan aktif.

    Insentif sebesar Rp.600 ribu per bulan akan didapatkan oleh para peserta pelatihan Prakerja Gelombang 9 selama 4 bulan berturut-turut jika sertifikat sudah muncul di dashboard Prakerja.

    8. Mendapatkan Insentif dari Survey Kebekerjaan

    Prakerja Gelombang 9 Insentif Survey fokusjabar.id
    Insentif Dari Survey Kebekerjaan (fokusjabar.id)

    Insentif sebesar Rp.50 Ribu akan didapatkan jika peserta mengisi survey yang diberikan dari pelatihan online yang sebelumnya telah diikuti.

    Itulah beberapa tahapan yang harus diikuti oleh para peserta Prakerja Gelombang 9, harus diperhatikan adalah email dan kartu telepon harus aktif.

    Baca Juga: Pengakuan Pengguna Kartu Prakerja

    Beberapa Masalah yang Harus Diperhatikan

    1. Email dan Nomor Telepon

    Untuk email dan nomor telpon yang didaftarkan di platform pelatihan tersebut harus sama dengan yang didaftarkan pada laman Prakerja.

    Beberapa masalah yang timbul biasanya ketika peserta yang mengikuti peatihan di platform TokoPedia dan BukaLapak biasanya email dan nomor telpon sudah terdaftar.

    Contoh: email yang terdaftar di prakerja pernah didaftarkan namun nomor berbeda, jadi akan lebih baik apabila nomor dan email yang didaftarkan belum pernah terdaftar di kedua platform tersebut.

    2. Voucher Pelatihan

    Masalah lain adalah biasanya peserta pelatihan tidak faham dengan cara memasukan voucher yang diberikan oleh platform pelatihan sehingga menimbulkan error dan beberapa masalah yang nantinya akan menghambat turunnya sertifikat ataupun dimulainya pelatihan online.

    3. Mitra Pembayaran

    Pembayaran pelatihan online akan turun apabila peserta mempunyai Rekening BNI, OVO Premiere, Gopay yang sudah diupgrade dan LinkAja yang sudah terverifikasi, agar memudahkan pencairan insentif sebaiknya para peserta pelatihan mengupgrade semua mitra pembayaran tersebut.

    4. Pemahaman Mengenai Webinar

    Webinar dalam pelatihan Prakerja biasanya menggunakan Google Meet atau Zoom, biasanya para peserta masih kurang dapat memahami cara penggunaan kedua aplikasi tersebut, maka alangkah baiknya untuk para peserta pelatihan untuk bisa mempelajari dahulu cara pemakaiannya.

    Selamat berkompetensi dan ikuti pelatihan dengan baik serta ikuti tahap-tahap yang sudah disebutkan diatas dengan teliti, semoga para peserta pelatihan dapat lolos dan mendapatkan sertifikat serta insentif dari pelatihan Prakerja Gelombang 9.

    (Ewing)

    Berita Terbaru

    spot_img