Jumat 25 September 2020

100 Ormas Kabupaten Tasikmalaya Komitmen Jaga Kondusifitas Pilkada

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: 100 Organisasi Masyarakat (Oramas) di Kabupaten Tasikmalaya, berikrar untuk menjaga tahapan Pilkada berjalan damai, aman, tertib dan sehat dengan menerapakan protokol Kesehatan antisipasi penyebaran virus corona. Kamis (11/9/2020).

Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen mengatakan, ormas merupakan mitra pemerintah yang potensial dalam membangun Kabupaten Tasikmalaya termasuk menyukseskan Pilkada 2020 tanpa ekses.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan deklarasi ini sebagai sarana aktualisasi diri peran serta ormas untuk Pilkada yang aman, damai, tertib dan sukses memedomani protokol kesehatan Covid-19,” kata Zen.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Tasikmalaya, Asep Gunadi mengatakan, acara seminar kebangsaan dan deklarasi bersama ormas ini terselenggara atas inisiasi pemerintah daerah.

BACA JUGA: Haris Sanjaya Jadi Wakil Dewan Syuro PKB Kabupaten Tasikmalaya

“Acara ini dilaksanakan sebagai bagian sinergitas yang kita miliki dengan ormas untuk mengawal Pilkada serentak dan protokol kesehatan. Ada 100 ormas yang kita undang. Sengaja kita batasi karena sesuai protokol kesehatan,” kata Asep.

Alasan dilibatkannya ormas dalam kegiatan tersebut terang dia, selain karena komunikasi yang sudah terbangun, ormas ini memiliki fungsi strategis sebagai sarana partisipasi masyarakat untuk memelihara, menjaga dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Ormas juga sebagai sarana pemelihara dan pelestari norma, nilai dan etika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Korelasinya adalah, ormas sangat berpotensi untuk ikut mewujudkan Pilkada berkualitas, aman, damai serta sehat. Maka peran serta ormas bisa membantu mewujudkannya,” kata dia. 

Ketua PCNU Kabupaten Tasikmalaya KH Atam Rustam menilai bahwa deklarasi ini adalah bukti keseriusan pemerintah dalam mengadakan Pilkada yang seusai dengan harapan masyarakat, yakni kondusif, aman, tentram dan sehat.

“Ditengah Covid-19 ini, ungkap Atam, mari mengikuti protokol kesehatan agar Pilkada ini berjalan sehat. Jaga kondusifitas dan jangan menimbulkan permusuhan gara-gara beda pilihan dalam Pilkada nanti. Siapapun pemimpin yang terpilih nanti, adalah pilihan rakyat,” katanya. 

(Farhan)

Artikel Lainnya

Pasien Suspect Meninggal, Keluarga Tolak Pemakaman Covid-19

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pasien suspect Corona di Ciamis meninggal dunia, Senin...

Covid-19, Muscab ke-VI PHRI Garut Diundur 1 Bulan

GARUT,FOKUSJabar.id: Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Garut, Jabar setiap hari terus meningkat. Terkait hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut melakukan Pembatasan Sosial Berskala...

Tidak Pakai Masker, 3 Orang Ini Disanksi Hormat Bendera

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tidak memakai masker di ruang publik, tiga pemuda di Kota Bandung disanksi menghormat bendera dan menyayikan lagi 'Indonesia Raya'. Tiga pemuda itu kedapatan tidak...

Tak Pakai Masker, Masyarakat Kota Banjar Lebih Takut Kena Razia

BANJAR,FOKUSJabar.id: Kesadaran masyarakat Kota Banjar akan kewajiban memakai masker saat keluar rumah ditengah pandemi Covid-19, dinilai masih rendah. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat...

Pandemi Bikin Kualitas Udara Jakarta meningkat Hingga 50 Persen

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Kadis Lingkungan Hidup Jakarta Andono Warih, mengatakan pandemi corona membuat kualitas udara Jakarta meningkat hingga 50 persen dibanding tahun lalu, Rabu (23/9/2020). Meningkatnya kualitas...

Sebut ‘Virus Cina’, Trump Serang Xi Jinping di Sidang PBB

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Presiden Amerika Serikat Donald Trump, menyerang Cina dalam pertemuan virtual Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Rabu (23/9/2020). Dalam pidatonya, Dia menyebut virus corona sebagai...

Pemilik Akun Twitter ini Mengaku Perkosa Perjaka

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kejadian seorang pria memperkosa wanita, menjadi hal yang biasa bahkan menjadi tindak kriminal yang sering didengar dalam berita. Namun, bagaimana jika seorang wanita...