spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Desa Mandiri di Jawa Barat Meningkat Pesat

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Peningkatan status Desa mandiri di Jawa Barat meningkat, Tahun ini desa mandiri mencapai 270 desa dari tahun sebelumnya hanya 98 desa.

    Penambahan desa mandiri di Jawa Barat menjadi capaian Indeks Desa Membangun (IDM) yang menjadi indikator penetapan status di Indonesia.

    Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Bambang Tirtoyuliono mengatakan, perbaikan aspek ekonomi, infrastruktur, dan sosial menjadi domain yang penting untuk meningkatkan status desa. Terlebih memiliki 5.312 desa yang tersebar di 18 Kabupaten dan Kota Banjar.

    “Tahun 2020, ditetapkan bahwa jumlah desa mandiri yang ada di Jabar itu 270 (desa), kemudian yang sangat tertinggal sudah tidak ada. Kita melakukan Bagaimana kami memperbaiki perekonomian desa, supaya potensi desa dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” kata Bambang di Bandung Rabu (9/9/2020).

    BACA JUGA: Siswa dan Guru di Jawa Barat Dapat Kuota Gratis

    Bambang menjelaskan, ada tiga pilar yang menjadi peningakatan indikator IDM yang juga mendorong berhasilnya program Gubernur Jawa Barat Desa Juara yaitu digitalisasi layanan desa, One Village One Company (OVOC), dan Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa).

    Namun diakui Bambang, keberhasilan berbagai program yang dicanangkan di desa harus berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk pemerintah pusat, pemerintah kabupaten/kota serta pemerintah desa.

    “Hal itu agar berbagai program yang diturunkan ke desa mampu dirasakan kemanfaatannya oleh masyarakat,” katanya.

    (Antik)

    Berita Terbaru

    spot_img