spot_img
Kamis 18 April 2024
spot_img
More

    Siswa dan Guru di Jawa Barat Dapat Kuota Gratis

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Seluruh siswa SMA, SMK dan SLB serta guru di Jawa Barat mendapatkan kartu kuota perdana Telkomsel secara gratis berisi 10 GB untuk belajar online selama satu bulan.

    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) mengatakan, Program Merdeka Belajar Jarak Jauh (MBJJ) ini terselenggara atas  koordinasi hasil kerjasama antara Telkomsel dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

    “Kartu kuota ini akan dibagikan secara gratis kepada seluruh siswa dan guru-gurunya tadi yang kalau kita total dengan guru-gurunya ada 1,9 juta,” kata Ridwan kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (2/9/2020).

    Kemudian sisanya sekitar 1,3 juta kartu akan diberikan kepada siswa Madrasah Aliyah yang kewenangannya Kementerian Agama, santri di pesantren dan juga kepada para mahasiswa yang membutuhkan untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ).

    BACA JUGA: Gandeng PWI Peduli, Kadin Jawa Barat Salurkan Paket Sembako

    “Sehingga total yang diberikan oleh Telkomsel ini sebanyak 3,25 juta kartu,” katanya.

    Menurut Emil, kartu tersebut setelah bulan September 2020 atau bulan pertama. Program ini rencananya dapat diperpanjang sampai tiga bulan berikutnya di bulan Desember 2020, cukup memperpanjang dengan membayar Rp5.000 akan mendapatkan 11 GB untuk program jarak jauh.

    “Tapi kami sedang berwacana dengan DPRD, jika memungkinkan 3 bulan sisanya pun nanti coba kami tanggung dari APBD Provinsi Jika memungkinkan sehingga mereka bisa tenang belajar sampai bulan Desember, minimal tanpa harus mengeluarkan biaya ya mudah-mudahan,” kata Emil.

    Program ini diluncurkan bersamaan dengan upaya Pemprov Jabar memperbaiki akses-akses sinyal di daerah terpencil yang masih kesulitan mengakses sinyal internet.

    (KP-3/Antik)

    Berita Terbaru

    spot_img