spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Timnas U-19 Indonesia Dilumat Bulgaria, Beckham dan Jack Brown Tak Main

    KROASIA,FOKUSJabar.id: Timnas U-19 Indonesia gagal memulai laga Turnamen Persahabatan U-19 Internasional di Kroasia dengan manis. Di laga perdananya, Garuda Muda kalah 0-3 atas Bulgaria di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Kroasia, Sabtu (5/9/2020) malam WIB.

    Tiga gol bagi Bulgaria dicetak melalui brace Martin Petkov pada menit 78 dan 84, serta satu gol dari Stanislav Shopov di menit 83.

    Manajer pelatih timnas Shin Tae-yong menerapkan formasi 4-4-2 dengan menduetkan Saddam Gaffar dan Irfan Jauhari di lini depan. Di sisi sayap, Shin mempercayakan pada Andi Irfan dan Witan Sulaeman, sementara Komang Teguh serta David Maulana menjadi penopang sektor tengah.

    Pertahanan Indonesia diisi Bayu M. Fiqri, Komang Tri Arta Wiguna, kapten Rizky Ridho Ramadhani dan Mochamad Yudha Febrian. Sedangkan penjaga gawang dipercayakan kepada Muhammad Adi Satryo.

    Komposisi itu membuat Indonesia lebih banyak bermain bertahan. Serangan balik menjadi andalan Garuda Muda menggedor lini pertahanan Bulgaria.

    fokusjabar.id timnas U-19 Indonesia
    Shin Tae-yong memimpin latihan timnas U-19 Indonesia di Kroasia. (FOTO: PSSI)

    BACA JUGA: Uji Coba Berakhir Imbang, Pelatih Persib Menilai Positif

    Bulgaria praktis menguasai pertandingan sejak menit pertama. Namun hingga 45 menit pertama, pertahanan timnas U-19 Indonesia masih cukup disiplin dan membuat Bulgaria kesulitan mencetak gol.

    Pada babak kedua, Rizky Ridho dkk justru gagal mempertahankan ‘keperawan’ gawangnya. Tiga gol Bulgaria bersarang di gawang timnas U-19 Indonesia dalam 15 menit terakhir laga.

    Gol pertama Bulgaria yang tercipta di menit 78, berawal dari tendangan bebas yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh Martin Petkov melalui sundulan.

    Enam menit kemudian, tercipta gol kedua bagi Bulgaria melalui tendangan Stanislav Shopov yang gagal diantisipasi Adi Satryo.

    Gol ketiga Bulgaria pun hanya berselang satu menit dan dicetak Petkov untuk memastikan brace-nya di laga kedua timnya pada turnamen tersebut.

    Shin sempat memasukan dua pemain Mochammad Supriadi dan Pratama Rifai di babak kedua, namun tidak bisa mengubah skor akhir laga.

    fokusjabar.id timnas u-19 Indonesia
    Beckham Putra, Jack Brown dan pemain timnas U-19 lain saat berlatih di Kroasia. (FOTO: PSSI)

    Shin sendiri tidak menurunkan gelandang muda Persib Beckham Putra Nugraha, maupun wingback Amiruddin Bagas Kaffa di laga perdana ini.

    Begitu pula dengan pemain keturunan Jack Brown. Sedangkan pemain keturunan milik Indonesia lainnya Elkan Baggott belum bisa bergabung karena tidak mendapatkan izin dari klubnya Ipwisch Town.

    Bagi Bulgaria, kemenangan atas timnas U-19 Indonesia menjadi kemenangan perdana mereka di turnamen tersebut. Sebelumnya, tim yang dilatih Angel Stoykov ini kalah 2-3 atas tuan rumah Kroasia di laga perdananya.

    Timnas U-19 Indonesia masih menyisakan dua pertandingan pada turnamen persahabatan ini. Yakni melawan Kroasia pada Selasa (8/9/2020) dan berduel kontra Arab Saudi di laga terakhirnya pada Jumat (11/9/2020).

    Line up Pemain Timnas U-19 Indonesia vs Bulgaria

    Indonesia (4-4-2)
    Pemain: Muhammad Adi Satryo (GK); Bayu M. Fiqri, Komang Tri Arta, Rizky Ridho (C), Mochamad Yuda Febrian (Pratama Arhan Rifai 57′); Andi Irfan (M. Supriyadi 57′), David Maulana, Komang Teguh, Witan Sulaeman; Saddam Emiruddin Gaffar, Irfan Jauhari.
    Pelatih: Shin Tae-yong

    Bulgaria (5-3-2)
    Pemain: Ivan Dichevski (GK/C); Tomislav Papazov (Dimitar Stoyanov 59′), Dimitar Zhekov, Georgi Aleksandov, Hristiyan Petrov, Pavel Georgiev; Stanislav Shopov (Kolyo Stanev 86′), Aleksandar Todorov, Dimitar Tonev (Vladimir Nikolov 59′); Kristian Dobrev (Yoan Baurenski 23′), Martin Petkov (Peter Karaangelov 86′).
    Pelatih: Angel Stoykov

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img