spot_img
Rabu 8 Mei 2024
spot_img
More

    FPSH Jawa Barat Tingkatkan Kesadaran Hukum Pelajar Tanpa APBD

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM (FPSH) Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran hukum dan HAM untuk kalangan pelajar.

    Ketua umum FPSH Jawa Barat Nandi mengatakan, dengan meningkatnya kesadaran hukum dikalangan pelajar sehingga diharapkan sehingga terwujud penegakan, perlindungan, kemajuan, dan pemenuhan hukum dan HAM di daerah Provinsi Jawa Barat.

    Menurut dia, peningkatan kesadaran hukum untuk kalangan pelajar dengan memanfaatkan teknologi masa kini, media sosial, maupun aksi nyata yang dilakukan di lapangan.

    “Hukum dan HAM dalam forum ini paradigmanya tidak hanya konstitusi baku, juga impelementasi nyata dalam kehidupan sehari-hari. Artinya, pembahasan hukum dan HAM dikemas dalam arti yang luas,” kata Nandi, Senin (31/8/2020).

    Nandi menjelaskan bahwa pihaknya juga membentuk  karakter anggota dan juga pelaja yang ada di Jawa Barat. Dengan karakter juga membuat forum ini menjadi lebih maju dan berkembang.

    “Dua tahun terbentuk di tingkat provinsi, forum ini telah menggelar berbagai kegiatan, mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Berbagai pihak, baik kalangan pejabat pemerintah, guru, maupun masyarakat juga turut mengapresiasi keberadaan dan pergerakan forum ini,” katanya.

    BACA JUGA: BPBD Jawa Barat: Waspadai Datangnya Musim Kemarau

    Kendati demikian FPSH dalam berbagai kegiatannya tidak mengandalkan APBD namun dengan mengandalkan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Ibadah (APBI) yang keluar dari saku anggota forum ini. Namun kata Nandi, hal tersebut tidak membatasi untuk berkreasi dan menghentikan kegiatan dalam sosialisasi kesadaran hukum kalangan pelajar.

    “Kami sudah mengajukan anggaran kepada pemerintah, rencananya tahun depan akan dianggarkan secara khusus untuk keperluan khusus kegiatan kami,” kata dia.

    Menurut dia, bukan karena ingin dana semata, tetapi sebagai motivasi membuat karya-karya baru untuk Jawa Barat dan Indonesia. Anggaran juga sebagai bukti dukungan dari pemerintah terhadap forum ini.

    “Apakah kami harus menunda langkah kebaikan ini? Tentu tidak untuk apa kami terpaku kepada segala sesuatu yang dapat menghambat langkah kami, tidak perlu menunda untuk kebaikan, selagi itu benar langsung eksekusi,” katanya.

    “Harapannya di tahun mendatang ada anggaran untuk forum ini. Semoga ada orang-orang baik di kalangan pemerintah yang mau membantu memperjuangkan forum ini,” kata dia melanjutkan.

    Nandi juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan peduli terhadap FPSH selama ini.

    (Antik)

    Berita Terbaru

    spot_img