spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Ingin Jadi Reseller Sukses, Ini Tipsnya

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Menjadi seorang pengusaha eceran (reseller) bisa menguntungkan di tengah situasi pandemi seperti saat ini. Terlebih semakin banyak pengusaha, termasuk pemilik usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang beralih ke platform daring (online).

    VP and Country Head Zilingo, Ade Yuanda Saragih pun membagikan tips yang dapat membantu pelaku bisnis memulai perjalanan mereka sebagai seorang reseller dengan memanfaatkan tren jualan via daring.

    BACA JUGA: Motiviga Sulap Tas Jadi Kanvas Seni Grafis

    1. Lakukan riset pasar yang mendalam sebagai batu loncatan
    Ukur popularitas produk, kebutuhan konsumen, perilaku pasar terhadap produk, dan batasan pembelian bisa menjadi langkah awal riset. Yang tidak kalah penting, kata Ade, menentukan batas harga produk yang sesuai.

    “Jika Anda berasal dari kota kecil, periksa keberadaan reseller produk atau merek serupa di daerah Anda. Hal ini dapat menentukan kesempatan Anda untuk menjadi satu-satunya reseller kategori untuk wilayah tertentu,” kata Ade.

    2. Penuhi stok produk
    Pastikan stok produk cukup untuk melayani semua pelanggan Anda. Stok produk yang baik akan memungkinkan untuk menawarkan berbagai tipe produk yang memenuhi preferensi konsumen yang berbeda-beda.

    3. Pilih pemasok yang tepat
    Memilih pemasok yang terpercaya, memiliki kualitas produk yang baik dan konsisten yang menawarkan pilihan yang bervariasi menjadi tips penting lainnya. Pemasok pun harus dikenal luas pelanggan karena ini akan memudahkan dalam melakukan pemasaran dan penjualan.

    “Anda juga perlu membandingkan harga grosir, jadwal produksi, dan waktu pengiriman masing-masing pemasok karena ini menjadi poin pendorong bisnis Anda dalam jangka panjang,” Ade menambahkan.

    4. Buat strategi penjualan dan pemasaran sedini mungkin
    Idealnya, para reseller harus memiliki keterampilan pemasaran yang kuat dan harus mengenal berbagai platform yang ada mulai dari e-commerce hingga media sosial. Pesan bisnis harus dapat disampaikan secara jelas dan konsisten dengan target pelanggan Anda.

    5. Kuasai keterampilan layanan pelanggan
    Menjadi pengusaha berarti siap menghadapi pelanggan secara langsung. Dimulai dengan mengatur jam layanan pelanggan, sistem dan jadwal pengiriman, serta akun media sosial usaha.

    Selain itu, memperkaya keterampilan sebagai komunikator yang baik menjadi hal penting lain yang bisa mendukung usaha. Anda garus dapat menanggapi pertanyaan pelanggan dan menangani keluhan dengan tepat.

    6. Penting untuk menjajal produk terlebih dahulu
    Sebagai reseller baru, mungkin perlu melakukan semuanya sendiri. Mulai dari berbelanja dan menyimpan produk, mengelola platform e-commerce pilihan, akun media sosial, pengepakan, pengiriman, hingga pengelolaan keuangan.

    Memperbarui penjualan atau akun media sosial dengan menampilkan produk terbaru, menjawab pertanyaan pelanggan, memberikan promosi dengan diskon dan hadiah menarik harus dilakukan secara konsisten.

    Cobalah untuk lebih disiplin, terorganisir, dan konsisten dalam memenuhi tugas dan kebutuhan bisnis Anda dalam sehari-hari. Ada kemungkinan lebih tinggi pelanggan akan memilih Anda daripada pesaing jika mereka puas dengan daya tanggap bisnis Anda.

    (Ageng/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img