spot_img
Senin 20 Mei 2024
spot_img
More

    236.893 Pekerja di Kota Bandung Ajukan BLT

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kota Bandung, Marsana mengatakan, 236.893 pekerja di Kota Bandung mengajukan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp600 ribu per bulan.

    Pengajuan tersebut dilakukkan oleh berbagai perusahaan di Kota Bandung kepada BPJS Ketenagakerjaan.

    “Untuk data sampai 24 Agustus kemarin itu ada 236.893 pekerja yang diajukan ke BPJS Ketenagakerjaan untuk memdapatkan bantuan,” ujarnya di Balai Kota Bandung Jalan Wastukancana Jawa Barat  Kamis (27/8/2020).

    Menurutnya, Disnaker Kota Bandung berperan untuk mengkoordinasikan antara perusahaan yang mengajukan dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk menyampaikan data pekerja. Jumlah pekerja tersebut 60 persen dari total pekerja yang ada di Bandung saat ini.

    “Kalau jumlah pekerja di Bandung itu lebih dari 300 ribu orang, itu yang formal. Artinya mereka yang mempunyai ikatan kerja dengan perusahaan dan mendapatkan gaji tetap,” katanya.

    Marsana menuturkan, perusahaan di bidang jasa mayoritas yang mengajukan pekerjanya mendapatkan BLT karena menerima gaji dibawah Rp5 juta sesuai dengan persyaratan dari pemerintah pusat.

    BACA JUGA: Calon Ketua Forki Kota Bandung 2020 Ini Dapat Tambahan Dukungan

    “Dan tentu pekerja ini aktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan iuran perbulannya Rp150 ribu. Jadi yang mendapatkan bantuan tersebut yang gajinya dibawah lima juga rupiah,” kata dia. 

    Namun, pihaknya tak mengetahui jumlah atau kuota pekerja yang diberikan pemerintah pusat untuk di Kota Bandung. Akan tetapi ia berharap ratusan pekerja di Bandung tersebut bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

    “Mudah-mudahan bisa mendapatkan semua, kita hanya berkoordinasi saja. Dan hari ini peluncuran bantuan tersebut langsung oleh Pak Presiden di istana,” katanya.

    (Yusuf Mugni/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img