spot_img
Kamis 9 Mei 2024
spot_img
More

    Ridwan Kamil Jalani Tahap Pertama Uji Klinis Vaksin Covid-19

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) menjalani tahap pertama uji klinis vaksin Covid-19 di Puskesmas Garuda, Jalan Dadali, Kota Bandung, Selasa (25/8/2020).

    Sebelum uji klinis Emil dicek kesehatan dan menjalani tes usap. Emil mengatakan bahwa pihaknya akan mengikuti lima tahapan rangkaian uji klinis di Puskesmas Garuda.

    “Kunjungan pertama ini kami dicek kesehatan, tinggi badan, berat bada, wawancara riwayat kesehat,  hingga pengecekan steteskop di bagian dada untuk memastikan kondisi awal memungkinan (suntik vaksin),” kata Emil di Puskesmas Garuda.

    Usai memenuhi persyaratan di tahap pertama atau Visit 0 (V0), kata Emil, tahap kedua (V1) akan dilaksanakan suntik vaksin Covid-19, yakni kurang lebih tiga hari ke depan di Puskesmas Garuda.

    BACA JUGA: Gubernur, Pangdam dan Kapolda Memulai Rangkaian Relawan Uji Klinis

    Setelah pemeriksaan kesehatan dan uji usap, pihaknya pun menandatangani surat perjanjian kesukarelaan mengikuti proses uji klinis vaksin Covid-19. Tahapan uji klinis vaksin Covid-19 akan dilaksanakan selama lima tahapan atau kunjungan selama 6 bulan ke depan.

    “Selama proses ini akan diberikan dua dosis vaksin, satu kali di tahap kedua dan tahap ketiga. Ada dua tahap vaksin betulan dan placebo,” kata dia.

    Pihaknya mengaku memperoleh penjelasan terkait resiko menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19, yakni secara umum tidak terdapat efek samping pada tes pertama dan kedua uji vaksin Sinovac. Informasi tersebut pun meyakinkan tim Biofarma dan Unpad menyelesaikan vaksin dalam 6 bulan ke depan.

    “Tes pertama dan kedua menunjukan keberhasilan imunitas minimal di angka 90 persen, pada hakikatnya tidak ada yang 100 persen. 90 persen dianggap baik,” kata Emil.

    Adapun kelebihan kandidat vaksin Sinovac dibandingkan vaksin lainnya untuk Covid-19 yaitu diproduksi di dalam negeri, di Kota Bandung Jawa Barat. Sehingga ongkos produksi lebih rendah dibandingkan membeli vaksin dari luar negeri.

    “Doakan setelah ini lancar, bulan Januari produksi (oleh) Biofarma akan dilakukan dan secepatnya akan diberikan kepada masyarakat Indonesia,” ucap Emil.

    Selain Ridwan Kamil, pejabat yang ikut dalam rangkaian uji klinis vaksin Covid-19 di Puskesmas Garuda, yaitu Kapolda Jabar Irjen Pol Rudi Sufahriadi dan Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

    (Yusuf Mugni/Olin)

    Berita Terbaru

    spot_img