spot_img
Rabu 22 Mei 2024
spot_img
More

    Pembelajaran Daring Siswa SMPN 1 Cipaku Difasilitasi Koramil 1308

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Komando Distrik Militer (Koramil) 1308/Cipaku menggelar pembelajaran dalam jaringan (daring) bagi pelajar SMPN 1 Cipaku, Kabupaten Ciamis, Selasa (25/8/2020). Sebelum kegiatan pembelajaran digelar, siswa-siswi ini pun mengikuti apel pagi yang digelar Makoramil 1308/Cipaku.

    “Kita ikut sertakan siswa pada apel pagi sebagai salah satu pendidikan bela negara. Saat ini kan tidak ada pembelajaran tatap muka di sekolah karena pandemi ini, sehingga siswa pun tidak pernah mengikuti upacara bendera yang biasa dilaksanakan di sekolah,” ujar Komandan Koramil (Danramil) 1308/Cipaku Kapten Inf Suharto, Selasa (25/8/2020)

    Tak hanya mengikuti upacara bendera, para siswa pun diajarkan baris berbaris. Hal ini bertujuan agar para siswa memiliki tubuh yang kuat dengan imunitas tinggi.

    BACA JUGA: Di Garut Tak Pakai Masker Didenda Rp100 Ribu 

    fokusjabar.id pembelajaran daring smpn 1 cipaku ciamis
    Siswa SMPN 1 Cipaku, Ciamis, mengikuti upacara bendera di Makoramil 1308/Cipaku, Ciamis, sebelum menjalani pembelajaran daring. (FOTO: Husen)

    Sementara untuk pembelajaran daring, Suharto mengatakan, pihaknya menyiapkan fasilitas WiFi gratis bagi para siswa. Pasalnya, dalam pembelajaran daring tersebut dibutuhkan kuota internet.

    “WiFi gratis ini bisa dimanfaatkan para siswa untuk belajar daring sehingga tidak ada lagi alasan tidak bisa belajar karena tidak ada kuota internet,” kata dia.

    Camat Cipaku Yayan MS menyampaikan terimakasih kepada jajaran Koramil 1308/Cipaku yang telah memfasilitasi pembelajaran daring pada siswa dalam dua oekan terakhir ini. Pasalnya, tidak semua siswa memiliki smartphohe atau laptop berikut kuota internetnya.

    “Selain di Koramil, Pemkab Ciamis pun telah menmfasilitasi internet gratis. Tidak ada biaya alias gratis, minum pun disediakan,” kata Yayan MS.

    Untuk jadwal penggunaan WiFi gratis, baik di Makoramil 1308 maupun kantor Kecamatan Cipaku, tergantung keinginan para siswa. Pihaknya tidak membatasi jadwal penggunaan WiFi gratis bagi para siswa untuk melakukan pembelajaran daring.

    “Namun tetap memperhatikan protokol kesehatan. Jangan lupa menggunakan masker, jaga jarak dan sering cuci tangan,” ujar dia.

    Sementara Wakasek Bidang Kesiswaan SMPN 1 Cipaku Dahlan mengapresiasi langkah Koramil 1308/Cipaku dan Kecamatan Cipaku yang memfasilitasi siswa sehingga tidak terkendala saat menjalani proses pembelajaran daring di tengah pandemi ini.

    “Kami dari pihak sekolah akan tetap mengawasi mereka menjalani proses pembelajaran daring ini. Sehingga fasilitas internet yang disediakan ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik, tidak dimanfaatkan untuk hal yang tidak baik. Dan Insha Alloh, siswa kami baik baik semua,” ujar Dahlan.

    (Husen Maharaja/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img