spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    10 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Delima (punica granatum) adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5–8 m. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Iran, namun telah lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania.

    Bangsa Moor memberi nama salah satu kota kuno di Spanyol, Granada berdasarkan nama buah tersebut. Tanaman ini juga banyak ditanam di daerah Cina Selatan dan Asia Tenggara.

    Baca JUga: 11 Manfaat Bunga Honje untuk Tubuh Kita

    Delima berasal dari Timur Tengah, tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1.000 m dpl. Tumbuhan ini menyukai tanah gembur yang tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam.

    Buah ini sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat atau karena buahnya yang dapat dimakan.

    Bentuk pohon perdu atau pohon kecil dengan tinggi 2–5 m. Batang berkayu, ranting bersegi, percabangan banyak, lemah, berduri pada ketiak daunnya, cokelat ketika masih muda, dan hijau kotor setelah tua.

    Bunga tunggal bertangkai pendek, keluar di ujung ranting atau di ketiak daun yang paling atas. Biasanya, terdapat satu sampai lima bunga, warnanya merah, putih, atau ungu.

    Berbunga sepanjang tahun. Buahnya buah buni, bentuknya bulat dengan diameter 5–12 cm, warna kulitnya beragam, seperti hijau keunguan, putih, cokelat kemerahan atau ungu kehitaman.

    Kadang, terdapat bercak-bercak yang agak menonjol berwarna tebih tua. Bijinya banyak, kecil-kecil, bentuknya bulat panjang yang bersegi-segi agak pipih, keras, tersusun tidak beraturan, warnanya merah, merah jambu, atau putih.

    Kandungan nutrisinya mampu memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh kita.

    Berikut beberapa manfaatnya:

    1. Perawatan Gigi

    Salah satu manfaat terbaik, jus buah ini memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang akan membantu untuk mengurangi efek plak gigi dan melindungi terhadap berbagai penyakit mulut.

    1. Menjaga Kesehatan Jantung

    Sebuah percobaan yang dilakukan pada tahun 2005 oleh 45 pasien dengan penyakit jantung koroner menunjukkan bahwa minuman jus delima harian yang diberikan selama tiga bulan membuat aliran darah ke jantung lebih lancar dan resiko yang lebih rendah terkena serangan jantung.

    1. Stenosis arteri karotis

    Sebuah studi yang baik dari tahun 2004 pada pasien dengan stenosis arteri karotis (arteri menyempit) menemukan bahwa segelas jus delima harian (50 ml) selama tiga tahun mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol dalam arteri, dan juga mengurangi kolesterol. Namun, efek ini tidak jelas dipahami untuk kondisi seperti stroke.

    1. Mencegah Kanker Prostat

    Satu studi kecil pada tahun 2006 menemukan bahwa minum 227 ml harian jus buah ini secara signifikan akan memperlambat kemajuan kanker prostat pada pria dengan kanker prostat berulang.

    1. Mengatasi Gangguan Perut

    Kupas buah dan gunakan untuk menenangkan gangguan lambung atau diare yang disebabkan oleh setiap jenis masalah pencernaan. Minum teh yang terbuat dari daun buah ini juga membantu dalam menyembuhkan masalah pencernaan. Dapat digunakan untuk menangani masalah seperti disentri dan kolera.

    1. Menghindari Anemia

    Aliran darah yang sehat dapat dipertahankan dalam tubuh dengan mengonsumsinya dalam bentuk apapun. Persediaan delima untuk zat besi dalam darah akan membantu mengurangi gejala anemia, termasuk kelelahan, pusing, kelemahan dan gangguan pendengaran.

    1. Mencegah Osteoarthritis

    Delima membantu mengurangi penyakit dari berbagai bentuk termasuk aterosklerosis dan osteoarthritis. Kerusakan yang disebabkan karena penebalan dan pengerasan dinding arteri, tulang rawan dan sendi dapat disembuhkan dengan memakan  Buah Delima.

    1. Anti Penuaan

    Diet jus delima dapat membantu memperlambat proses penuaan yang akan mengurangi keriput dan garis-garis halus yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Hal ini juga akan membantu mempertahankan regenerasi sel-sel kulit dan mencegah pigmentasi berlebihan dan terjadinya bintik-bintik gelap.

    1. Cocok Bagi Semua Jenis Kulit

    Jus buah delima dapat bekerja dengan ajaib untuk kulit kering. Struktur molekul yang kecil akan menembus jauh ke dalam kulit untuk memberikan kelembaban yang cukup dan hidrasi pada kulit.

    Oleh karena itu jus delima akan menenangkan kulit kering dan teriritasi. Jus buah delima juga bermanfaat bagi kulit yang rentan berminyak. Penerapan jus delima pada kulit berminyak mencegah wabah jerawat dan mengontrol produksi sebum.

    1. Membantu Menyembuhkan Luka

    Delima membantu dalam regenerasi sel-sel kulit di lapisan kulit epidermis dan dermis. Jus delima memiliki kemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Bahkan, minyak biji delima yang sarat dengan nutrisi, ramah akan kulit yang bermanfaat bagi penguatan dan regenerasi epidermis.

    (Bambang Fouristian/Net)

    Berita Terbaru

    spot_img