spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Lyon Singkirkan City, Liga Champions Tanpa Klub Inggris

    PORTUGAL,FOKUSJabar.id: Dominasi klub asal Inggris di Liga Champions berakhir musim ini, setelah menciptakan All England Finals di musim 2018/2019 antara Liverpool kontra Tottenham Hotspurs. Kepastian tersebut muncul setelah wakil terakhir tim asal Inggris, Manchester City ditekuk wakil Prancis, Olympique Lyon dengan skor 3-1 dalam laga perempat final di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Sabtu (15/8/2020) waktu setempat atau Minggu (16/8/2020) dini hari WIB.

    Klub asal Britania Raya selalu mencapai partai puncak Liga Champions dalam dua gelaran terakhir yang diwakili Liverpool. Setelah gagal meraih trofi ‘kuping besar’ di musim 2017/2018 seusai kalah atas Real Madrid di babak final, Liverpool merengkuh gelar juara Liga Champions 2018/2019 setelah mengalahkan Tottenham Hotspurs di partai puncak.

    Namun musim 2019/2020 nampaknya menjadi musim terburuk tim asal Inggris di kancah sepakbola Eropa. Meski masih menyisakan satu wakil klub Inggris di kompetisi kasta kedua Eropa, Piala Eropa 2019/2020, yakni Manchester United yang akan berlaga di partai semifinal kontra Sevilla, Senin (17/8/2020) dini hari WIB.

    BACA JUGA: Maverick Vinales Raih Pole Position Perdana di MotoGP 2020

    Tak hanya itu, bagi The Citizens, kegagalan melaju ke babak semifinal Liga Champions 2019/2020 makin melengkapi keterpurukan pasukan Pep Guardiola di musim ini. Sebelumnya, Manchester City gagal mempertahankan gelar juara di Liga Premier Inggris setelah terpaut 8 poin di klasemen akhir atas Liverpool yang memastikan diri sebagai juara musim ini.

    Tak hanya itu, Manchester City pun gagal mempertahankan gelar juara Piala FA setelah tersingkir di babak semifinal Piala FA 2019/2020 oleh Arsenal yang akhirnya menjadi juara setelah mengalahkan Chelsea di babak final. Manchester City pun dipastikan puasa gelar juara pada kompetisi resmi yang mereka jalani di musim 2019/2020.

    Pada perempat final Liga Champions 2019/2020 yang digelar di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Minggu (16/8/2020) dini hari WIB, pasukan Pep Guardiola ini kembali gagal melaju ke partai semifinal. Meski menguasai dari sisi penguasaan bola 67 persen dibanding 33 persen, namun Kevin de Bruyne dan kolega harus mengakui keunggulan Lyon.

    Moussa Dembele yang masuk menggantikan Memphis Depay pada menit 75, menjadi pahlawan bagi Lyon. Dua gol yang dicetak Dembele pada menit 79 dan 87, memastikan kemenangan 3-1 Lyon atas Manchester City sekaligus menyegel satu tempat di babak semifinal Liga Champions 2019/2020.

    Lyon sendiri unggul pertama kali melalui tembakan Maxwell Cornet dari luar kotak penalti pada menit 24. The Citizens sempat membalas melalui gol Kevin de Bruyne pada menit 69 memanfaatkan umpan tarik Raheem Sterling dari sisi kiri pertahanan Lyon.

    Meski beberapa kali mencoba mengejar ketertinggalan mereka, namun pasukan Pep Guardiona kerap buntu di lini pertahanan Lyon. Hingga peluit panjang ditiupkan wasit asal Belanda Danny Makkelie, kedudukan 3-1 untuk kemenangan Lyon tetap bertahan.

    Kemenangan atas The Citizens mengantarkan Lyon melangkah ke semifinal Liga Champions kedua mereka. Di babak empat besar, Lyon akan menghadapi klub yang menyingkirkannya di laga semifinal musim 2009/10, Bayern Muenchen. Muenchen sendiri melaju ke semifinal usai mencukur Barcelona dengan skor 8-2.

    Susunan pemain:
    Manchester City (3-1-4-2): Ederson Moraes; Fernandinho (Riyad Mahrez), Eric Garcia, Aymeric Laporte; Rodri Hernandez (David Silva); Kyle Walker, Kevin de Bruyne, Ilkay Gundogan, Joao Cancelo; Gabriel Jesus, Raheem Sterling
    Pelatih: Pep Guardiola

    Olympique Lyon (3-5-2): Anthony Lopes; Jason Denayer, Marcelo, Fernando Marcal; Leo Dubois (Kenny Tete), Maxence Caqueret, Bruno Guimaraes (Thiago Mendes), Houssem Aouar, Maxwell Cornet; Memphis Depay (Moussa Dembele), Karl Toko Ekambi (Jeff Reine-Adelaide)
    Pelatih: Rudi Garcia

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img