Sabtu 19 September 2020

KKP Serahkan Eskavator Untuk Kembangkan Tambak di Tasikmalaya

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyerahkan alat berat eskavator kepada Forum Komunikasi Kelompok Usaha Bersama Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, untuk pengembangan tambak sentra perikanan di daerah itu.

“Penyediaan alat berat eskavator ini diharapkan dapat mendukung pengembangan usaha perikanan budidaya melalui program percepatan peningkatan infrastruktur tambak budidaya serta sebagai langkah dalam menempuh target produksi udang naik sebesar 250 persen pada tahun 2024,” kata Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto, Jumat (7/8/2020).

Slamet mengatakan, penyediaan ekskavator senilai Rp1,34 milyar merupakan salah satu kegiatan mendukung percepatan peningkatan produksi dan kesejahteraan masyarakat melalui penyediaan infrastruktur yang memadai untuk usaha berbasis kelautan dan perikanan. Sekaligus menjalankan program KKP.

Dia meminta dinas kabupaten/kota untuk berkomitmen, salah satunya, melakukan pembinaan, monitoring dan evaluasi pemanfaatan ekskavator yang telah disalurkan. Serta melaporkan kepada dinas provinsi dan juga pemerintah pusat terkait pemanfaatan, pemeliharaan sekaligus jika ada indikasi penggunaan bantuan yang tidak sesuai serta patut diberikan sanksi.

BACA JUGA: IHSG Melemah Dipicu Aksi Ambil Untung

“KKP akan terus memberikan dukungan langsung bagi para pembudidaya ikan sesuai kebutuhan bagi pengembangan usaha budidayanya. Karena itu, imbau agar dukungan alat berat ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggungjawab bagi keberlangsungan kegiatan usaha budidaya yang dilakukan,” ujar Slamet.

Bantuan eskavator diberikan agar terpeliharanya infrastruktur pendukung seperti saluran pengairan, tambak kolam, jalan produksi serta termanfaatkannya potensi daerah di bidang kelautan dan perikanan.

Program bantuan prioritas yang diberikan, lanjut dia, berupa alat berat ekskavator serta sarana dan prasarana budidaya lainnya. Bantuan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan pembudidaya agar produksi budidaya dapat berjalan efisien.

“KKP fokus menggarap perikanan budidaya dengan sasaran utama bagaimana meningkatkan efisiensi produksi dan nilai tambah keuntungan yang dapat diraup pembudidaya ikan,” kata dia.

Sebagai informasi, tahun 2020, KKP menargetkan tersalurkan sebanyak 28 unit eskavator kepada penerima bantuan yang memenuhi kriteria. Sampai bulan Agustus, telah tersalurkan sebanyak 10 unit eskavator untuk Kabupaten Indramayu, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Buol, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Tulang Bawang dan Kabupetan Bangka Tengah.

(Ageng/ANT)

Berita Lainnya

Artikel Lainnya

5 Lapak Rumah Makan di Jagakarsa Jaksel Terancam Longsor

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Kepala Seksi Pemeliharaan Suku Dinas Sumber Daya Alam...

Bincang Bisnis Online Bank bjb, Trik Promosi Jualan Laris

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bank bjb akan membantu berikan solisiĀ  Kebutuhan akan penggunaan platform digital sebagai media pemasaran mutlak diperlukan untuk mendongkrang bisnis di zaman kiwari. Lewat pemanfaatan...

Berikut 14 Tanaman Jade yang Banyak Diminati

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tanaman Jade (Crassula ovate) umumnya dikenal sebagai tanaman giok, beruntung, uang atau tanaman uang merupakan sukulen dengan bunga kecil berwarna merah muda atau...

Pelanggar Protokol Kesehatan Covid-19 Bisa Terkena Pidana

CIMAHI,FOKUSJabar.id: Tindakan tegas berupa ancaman pidana bagi para pelanggar protokol kesehatan Covid-19 selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di Kota Cimahi akan diterapkan. Kabid...

Cara mengecek nomor IMEI saat beli ponsel

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sejumlah ponsel yang memiliki nomor International Mobile Equipment Identity (nomor IMEI) yang tidak untuk diedarkan di Indonesia akan disuntik mati mulai mulai 15...

Podomoro Klaim Bisnis Properti Meningkat dimasa Pendemi Covid-19

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bisnis properti dimasa pandemi Covid-19 justru meningkat, padahal beberapa bidang ekonomi sempat terpuruk karena adanya berbagai pembatasan. Hal tersebut terbukti dengan penjualan kawasan hunian...

Sony Alpha 7C, Kamera “full-frame” Termungil

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Sony Alpha 7C resmi dirilis dan diklaim kamera dengan bodi full-frame terkecil di dunia dengan fitur AF (autofocus) terbaru, Rabu (16/9/2020). Sony Alpha 7C...