Selasa 22 September 2020

Mimpi Jadi Nyata, Kampung Buligir Gelar Kurban Bareng JNE dan ACT Tasikmalaya

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Warga Kampung Buligir, Desa Parentas, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, menyambut suka cita kedatangan tim JNE Tasikmalaya dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tasikmalaya yang menggelar program Labaik (Berkurban Terbaik). Kampung Buligir yang berlokasi 60 kilometer dari pusat Kabupaten Tasikmalaya sangat jarang bisa berkurban dan merayakan Idul Adha.

Kampung dengan 43 kepala keluarga ini hampir tidak pernah merasakan suka cita perayaan Idul Adha karena kondisi ekonomi dan lokasi yang jauh.

Ketua RT Kampung Buligir Aep mengungkapkan, lebih dari 14 tahun, hanya sekitar 4 kali ada warga yang berkurban. Itu pun hanya satu ekor hewan kurban yakni kambing dalam satu kali kurban.

“Momen kebersamaan seperti sekarang jarang kami rasakan, apa lagi pada tahun ini tidak ada satupun warga yang melaksanakan ibadah kurban,” ujar Aep.

BACA JUGA: Idul Adha 1441 H, JNE Bandung Berkurban bagi Pelanggan dan Karyawan

Menempuh perjalanan lebih dari 2 jam dari Tasikmalaya, tim JNE dan relawan ACT harus melalui perjalanan yang cukup menantang untuk mengirimkan 4 ekor kambing kurban bagi warga Kampung Buligir. Tidak semua kendaraan dapat mencapai Kampung Buligir. Selain kondisi jalanan yang masih berbatu, beberapa jalan pun cukup curam.

Kegiatan pemotongan hewan kurban, pembagian daging, hingga makan bersama dilaksanakan dengan suasana kehangatan dan keceriaan. Warga yang datang dengan berdandan rapi, dengan tertib mengikuti arahan untuk menerapkan prosedur protokol kesehatan.

fokusjabar.id kampung buligir kurban JNE
Penyerahan hewan kurban JNE di Kampung Buligir. (FOTO: Istimewa)

“Seperti mimpi rasanya, merasakan kemeriahan Idul Adha, dapat menikmati daging kurban dan berkumpul bersama saudara dan tetangga seperti ini,” ujar warga asli Kampung Buligir, Ibu Nono.

Di usia 80 tahun, Ibu Nono melanjutkan cerita dengan bahasa khas daerah Sunda. Mengkonsumsi daging satu tahun sekali melalui perayaan Idul Adha, menjadi hal yang sangat dirasakan.

“Pernah dulu dapat daging kurban, tapi sudah lama sekali sampai sudah tidak ingat,” kata Ibu Nono yang tak henti mengucap syukur kepada Sang Pencipta atas nikmat yang diberikan.

Wilayah yang terisolir ini pun tidak memiliki fasilitas pendidikan yang cukup baik. Hanya terdapat satu sekolah dasar yang memiliki 13 murid dari kelas 1 sampai 6.

Karena itu, dalam momen perayaan Idul Adha, JNE dan ACT secara spontan mengadakan kegiatan games edukatif yang diikuti anak-anak di Kampung Buligir.

fokusjabar.id Kampung buligir kurban jne
Kecerian anak Kampung Buligir merayakan Idul Adha bareng JNE. (FOTO: Istimewa)

Pimpinan Cabang JNE Tasikmalaya Gerry Mardhani mengatakan, semangat mengantarkan kebahagiaan sesuai tagline Connecting Happiness yang harus terus diwujudkan menjadi alasan pelaksanaan kegiatan. Idul Adha menjadi momentum sangat baik untuk berbagi serta membantu sesama, apalagi di saat pandemi Covid-19.

“Kita berharap, masyarakat kampung Buligir dapat merasakan kebahagiaan di perayaan Idul Adha tahun ini,” ujar Gerry.

Gerry menambahkan, prinsip berbagi yang ditanamkan pendiri JNE, Alm. H. Soeprapto Soeparno akan terus dijalankan dalam situasi maupun kondisi apapun. Berbagi dengan karyawan dan masyarakat sekitar menjadi sebuah kewajiban yang harus terus dilakukan.

“Pak Prapto menekankan prinsip bersedekah. Mendukung ekosistem dengan berkolaborasi dan berbagi menjadi salah satu solusi,” kata Gerry.

Pada Idul adha tahun ini, JNE berkurban di seluruh Indonesia, tepatnya di 59 kota tempat kantor pusat maupun cabang utama berada. Dengan total hewan kurban mencapai 272 ekor hewan kurban yang terdiri dari 106 ekor sapi dan 166 ekor kambing. JNE pun memberikan ratusan computer dan printer beserta jaringan internet untuk 30 panti asuhan di Jakarta untuk membantu proses belajar online anak-anak yatim piatu di tengah pandemi Covid-19.

(Ageng)

Artikel Lainnya

Stok Darah di PMI Kota Bandung Menurun Drastis

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota...

Positif Covid-19, Riwayat Kontak Elvy Sukaesih Ditelusuri

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Dinyatakan positif Covid-19, Elvy Sukaesih menjalani isolasi mandiri di rumah setelah sebelumnya sempat dirawat selama 19 hari di rumah sakit. Pihak keluarga pun...

Asuransi Kesehatan Avrist Prime Hospital and Surgical Solusi Rumah Tangga

BANDUNG,FOKUSJabar.id: PT Avrist Assurance (Avrist Assurance) memberikan layanan asuransi kesehatan baru yang berkomitmen sebagai solusi cerdas bagi setiap rumah tangga di seluruh Indonesia. Asuransi kesehatan...

KLHK Minta Pemda Cabut Peredaran Tiga Jenis BBM di SPBU

BANJAR,FOKUSJabar.id: Pemerintahan daerah (Pemda) diminta berani mencabut peredaran tiga bahan bakar minyak yakni Solar, Premium dan Pertalite. Hal itu disebabkan tiga bahan bakar minyak...

Kemdikbud Tak Wajibkan Matpel Sejarah di Tahun 2021

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berencana melakukan penyederhanaan kurikulum yang akan diterapkan pada Maret 2021. Dalam rencana tersebut, mata pelajaran sejarah tidak wajib...

Pilkada Serentak 2020 Akan Kembali Ditunda?

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wacana penundaan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 yang direncanakan digelar Desember 2020 kembali mengemuka. Hal ini seiring dengan trend kenaikan kasus...

Kapolsek Padaherang Minta Masyarakat Waspada Kebakaran

PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Kapolsek Padaherang, Iptu Aan Supriatna mengimbau seluruh masyarakat untuk mewaspadai terjadinya kebakaran. Baik itu kebakaran rumah maupun lahan kosong. Pasalnya, pada saat musim kemarau...