spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Covid-19, Argentina Uji Coba Serum Hiperimun Kuda

    ARGENTINA,FOKUSJabar.id: Argentina mulai melakukan uji klinis pengobatan Corona Virus Disease (Covid-19) dengan menggunakan serum hiperimun yang dikembangkan dengan antibodi yang berasal dari kuda, menurut otoritas laboratorium yang terlibat pengujian. 

    Serum, buatan perusahaan bioteknologi Inmunova, didapat melalui suntikan protein SARS-CoV-2, yang membuat hewan mampu menghasilkan antibodi penawar dalam jumlah besar. Plasma kemudian diekstraksi dari kuda dan dimurnikan lalu diproses.

    Baca JUga: Tips Aman Tinggal Serumah dengan Pasien Covid-19

    Setelah hasil tes di laboratorium positif, uji klinis untuk mempelajari keampuhan serum akan dilakukan terhadap 242 pasien COVID-19 dengan kondisi sedang hingga parah, demikian pihak laboratorium.

    “Jika kita dapat mengurangi replika virus dalam beberapa hari pertama, maka kita tidak hanya mengurangi muatan virus dari penyakit  itu dan kasus yang dialami  pasien. Tetapi kita pikir bahwa kapasitas penawar ini akan memungkinkan pasien menunjukkan respons imun mereka sendiri,” kata Fernando Goldbaum, direktur ilmiah Inmunova.

    Melalui panggilan video, Goldbaum mengatakan, uji coba telah dimulai pada Senin dan hasil pertama diprediksikan antara Oktober dan November.

    Sejauh ini Argentina mencatat hampir 175.000 kasus terkonfirmasi Covid-19 dengan sekitar 3.200 kematian.

    (Bambang/Ant)

    Berita Terbaru

    spot_img