spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Samsung Targetkan Komersialisasi Layanan 6G pada 2030

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Samsung Electronics mengharapkan komersialisasi layanan generasi keenam (6G) dapat terjadi pada 2030.

    Dalam buku putihnya, berjudul “The Next Hyper-Connected Experience for All,” Samsung memperkirakan penyelesaian standar 6G dapat terjadi pada awal 2028, dan komersialisasi sistem secara massal dua tahun kemudian.

    “Sementara komersialisasi 5G masih dalam tahap awal, tidak pernah terlalu dini untuk mulai mempersiapkan 6G karena biasanya dibutuhkan sekitar 10 tahun dari awal penelitian hingga komersialisasi generasi baru teknologi komunikasi,” ujar Head of Advanced Communications Research Center, Choi Sunghyun.

    Korea Selatan menjadi negara pertama di dunia yang mengkomersialkan jaringan 5G pada April 2019.

    BACA JUGA: Spesifikasi Xiaomi Redmi 9 Unggul dikelas HP Murah

    “6G akan memiliki karakteristik penyediaan layanan canggih seperti extended reality (XR), hologram seluler berteknologi tinggi dan replika digital,” lanjut Samsung, Rabu (15/7/2020).

    Untuk memulai layanan 6G, Samsung mengatakan ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu performa kinerja, arsitektur dan keamanan.

    Vendor smartphone terbesar di dunia itu mengatakan 6G akan memberikan kecepatan data 1.000 GB per detik, yang berarti 50 kali lipat kecepatan data 5G.

    (Agung/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img