spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Kemenhub Berjanji Akan Lindungi Pesepeda

    SOLO, FOKUSJabar.id: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI akan membuat Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) terkait penggunaan sepeda. Melalui permenhub, Kemenhub ingin melindungi keselamatan para pesepeda.

    “Mengenai sepeda, sedang saya buat Peraturan Menhub tentang perlindungan keselamatan bagi pengguna sepeda. Di sana mengatur tentang tata cara menyangkut masalah sepedanya seperti apa yang berkeselamatan,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi di Solo, Sabtu (4/7/2020).

    kemenhub fokusjabar.id
    Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi. (FOTO: NET)

    Ia mengatakan, beberapa yang akan diatur diantaranya ketika bersepeda saat malam hari diwajibkan melengkapi spotlight, penggunaan helm, dan tanda yang harus diberikan pesepeda ketika akan berbelok atau lurus.

    “Saat ini (aturan tersebut) sedang saya susun dengan beberapa komunitas sepeda. Di sini kami hanya membuat perlindungan keselamatan bagi pengguna sepeda karena ternyata di Indonesia jarang ada kecelakaan antarsepeda, justru pesepeda jadi korban kecelakaan dengan kendaraan lain,” terangnya.

    BACA JUGA: Sikap DPR Dipertanyakan Soal RUU HIP Oleh Sekjen Gelora

    Selanjutnya, pemerintah pusat akan mendorong pemerintah daerah untuk membuat jalur khusus pesepeda.

    “Kalau di Solo, saya lihat sangat memungkinkan. Kalau memungkinkan saya akan buat di tahun 2021,” tambahnya.

    Ia mengatakan, langkah serupa sudah dilakukan di Jakarta dan Bandung. Pihaknya berharap, jalur khusus pesepeda akan mendidik masyarakat untuk saling menghargai masing-masing pengguna alat transportasi.

    Sementara terkait dengan tradisi bersepeda yang saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian masyarakat, pihaknya mendorong agar pengguna alat transportasi tersebut pun dimanfaatkan untuk kepentingan ekonomi.

    “Misalnya, ke kantor pakai sepeda, ke sekolah pakai sepeda. Sekarang ini banyak anak sekolah, SMP, SMA pakai sepeda motor. Orang tua jangan bangga anak-anaknya sudah bisa sepeda motor, gantilah dengan sepeda,” tegasnya.

    (ars/ant)

    Berita Terbaru

    spot_img