spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Hati-hati, Ini 7 Tanda Bahaya Demam Berdarah

    JAKARTA, FOKUSJabar : Demam berdarah dengue (DBD) memiliki kebahayaan yang berisiko hingga pada kematian bagi siapa saja yang terkena. Dengan demikian masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan.

    Ahli infeksi dan pediatri tropik dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo (RSCM) dr Mulya Rahma Karyanti mengingatkan masyarakat mewaspadai tujuh tanda bahaya penyakit demam berdarah.

    “Tujuh tanda bahaya ini biasanya muncul pada hari ketiga seperti sakit perut,” kata Mulya Rahma saat diskusi daring dengan tema “Ancaman Demam Berdarah di Masa Pandemi” di Graha BNPB Jakarta, Senin, (22/6/2020).

    Tanda lainya adalah orang yang terjangkit DBD akan penurunan trombosit hingga dibawah 100 ribu, peumpukan cairan, lemas, pendarahan spontan dan pembesaran hati.

    “Khas sekali ya bahaya DBD, yang kita takuti di hari ketiga atau yang disebut juga fase kritis,” katanya.

    Lanjut dia, pada fase ketiga tersebut, bisa terjadi kebocoran pembuluh darah. Apabila itu terjadi maka aliran darah ke otak otomatis juga berkurang sehingga orang tersebut ingin tidur saja.

    BACA JUGA : Di Ciamis Pemuda Pancasila Netralisir Nyamuk Demam Berdarah

    Dalam kondisi tersebut, asupan makanan dan minuman juga akan sulit sebab pasien akan sering mengalami muntah ditambah kondisi dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh.

    Selain itu, orang yang terinfeksi virus dengue juga ditandai tidak buang air kecil lebih dari empat hingga enam jam terutama terjadi pada anak-anak. “Ini tanda-tanda yang mesti diwaspadai oleh orang tua dan masyarakat secara umum,” ujarnya.

    Kemudian, kata dia, beberapa tanda lain yang harus diwaspadai masyarakat ialah pendarahan kulit misalnya mimisan, kulit berdarah hingga memar.

    Terkait usia, penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti tersebut dapat menjangkit siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

    “Namun saat ini trennya kita lihat lebih banyak ke remaja bahkan mereka datang dengan fase kritis,” katanya.

    (Nendy/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img