Sabtu 19 September 2020

Ada Pemotongan BST, Kapolres Sukabumi Kota: Lapor, Kami Akan Proses

SUKABUMI, FOKUSJabar.id: Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sumarni mengimbau seluruh penerima bantuan sosial tunai (BST) untuk berani melapor jika ada pemotongan sepihak yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab.

“Memang kami sudah menerima informasi terkait adanya pemotongan BST, namun hingga saat ini belum ada yang melapor. Jika memang benar ada pemotongan, jangan segan laporkan dan kami akan memprosesnya,” ujar Kapolres di Sukabumi, Sabtu (20/6/2020).

Menurutnya, BST merupakan hak penerima manfaat yang jatahnya tidak bisa diganggu gugat. Terkecuali ada kesepakatan bersama untuk membagi dengan warga yang tidak tercantum sebagai penerima dan itu pun harus disaksikan petugas serta tidak boleh ada unsur paksaan.

Jika ditemukan ada pemotongan sepihak apalagi memaksa meminta, pihaknya tidak segan melakukan tindakan tegas sesuai undang-undang yang berlaku. Apalagi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara tegas akan memberikan hukuman berat bagi siapapun oknum yang menyelewengkan dana bantuan untuk meringankan beban di masa pandemi Covid-19 ini.

BACA JUGA: Dekati Masyarakat, Polisi di Rajadesa Angkut Pasir 

Selain itu, pihaknya selalu mengingatkan unsur terkait mulai dari pengurus RT, RW, kepala desa, lurah, camat dan lainnya agar selalu melaksanakan tugasnya. Dengan demikian, bantuan tunai baik yang bersumber dari pemerintah pusat, provinsi maupun kota/kabupaten bisa tepat sasaran dan diterima penerima manfaat secara utuh.

Adanya informasi terkait terjadinya pemotongan dana BST di wilayah Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, Kapolres mengaku akan menyelidiki dahulu. Apa yang menjadi penyebabnya sehingga terjadi pemotongan tersebut.

“Jika ada datanya siapa saja yang melakukan pemotongan segera laporkan, asalkan data tersebut benar-benar fakta, valid dan tidak fitnah. Kami tidak ingin ada oknum yang memanfaatkan momen di masa pandemi untuk mencari keuntungan,” terangnya.

Pihaknya pun sudah menugaskan kepada seluruh jajarannya baik yang bertugas di tingkat polres maupun polsek untuk memantau dan mengawasi pelaksanaan pembagian BST. Sehingga bantuan diberikan kepada warga yang sudah tertera sebagai penerima manfaat.

“Kita tidak akan pandang bulu jika ada penyelewengan dana bantuan dari pemerintah yang dilakukan siapapun untuk memprosesnya hingga ke meja hijau (pengadilan). Langkah tegas ini dilakukannya agar di masa pandemi Covid-19 kondisi tetap aman dan kondusif,” tegas Kapolres Sukabumi Kota ini.

(ars/ant)

Berita Lainnya

Artikel Lainnya

Ditinggal Salat Jumat Rumah di Ciamis Hangus Terbakar

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Rumah milik warga di Desa Raksabaya Kecamatan Cimaragas Kabupaten...

PDAM Tirta Sukapura Tasikmalaya Jamin Air Bersih Cukup Hingga Kemarau

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: PDAM Tirta Sukapura Tasikmalaya menjamin ketersediaan air bersih bagi masyarakat akan tetap aman dan mencukupi dalam memenuhi kebutuhan, untuk menghadapi musim kemarau nanti. Pelaksana...

3 Hari Berturut-turut Saham Spanyol Raih Keuntungan

MADRID,FOKUSJabar.id: Saham-saham Spanyol kembali berakhir lebih tinggi pada perdagangan Rabu (16/9/2020), mencatat keuntungan untuk hari ketiga berturut-turut, dengan indeks acuan IBEX 35 di Bursa...

Kasus Korupsi Pengadaan Tanah, KPK Panggil 9 Pegawai Bank

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Plt Juru Bicara (Jubir) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri mengatakan, pihaknya memanggil sembilan pegawai bank sebagai saksi dalam penyidikan kasus korupsi pengadaan...

Tips Sehat Turunkan Berat Badan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Menjaga berat badan tetap ideal adalah hal penting meski tidak mudah dilakukan, terlebih untuk seseorang dengan berat badan berlebih. Tidak sedikit orang yang...

Kelangkaan Pupuk Bersubsidi Mengancam Petani

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Di tengah ancaman kekeringan akibat kemarau, para petani di Kabupaten Tasikmalaya diresahkan kelangkaan pupuk bersubsidi. Kelangkaan pupuk diduga akibat pihak supplyer lambat mendistribusikan...

BLUPPB Karawang Lirik Kelompok Marga Putera Banjarharja Pangandaran

PANGANDARAN,FOKUSJabar.id:  Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang dibawah naungan Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan meninjau kolam ikan Kelompok Marga Putera...