spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Kompetisi Liga 1 2020 Dipastikan Bergulir Kembali

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 dipastikan akan kembali dilanjutkan pada September atau Oktober mendatang, setelah sebelumnya dihentikan sejak pertengahan Maret lalu, karena pandemi corona atau Covid-19.

    Kabar tersebut menjadi angin segar, bagi pencinta sepakbola Indonesia, karena sebelumnya kompetisi Liga 1 sudah bergulir selama tiga pekan, sedangkan Liga 2 baru memasuki pekan pertama.

    Kepastian mengenai bergulirnya kembali kompetisi sepak bola di Indonesia tersebut, setelah dilakukan rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Rabu (17/6/2020), rapat tersebut digelar secara virtual.

    Dikutip dari laman PSSI, Jumat (19/6/2020), terkait rapat virtual Exco PSSI seperti yang tertuang dalam statuta PSSI 2019 pasal 39 ayat 6 tentang rapat Komite Eksekutif bahwa Ketua Umum dapat mengadakan pertemuan dengan Komite Eksekutif dalam keadaan mendesak untuk mengatasi masalah yang memerlukan penyelesaian segera diantara dua pertemuan Komite Eksekutif.

    Jika anggota Komite Eksekutif tidak dapat menghadiri pertemuan dengan bertatap muka secara langsung, maka keputusan dapat dilakukan melalui sarana komunikasi modern atau komunikasi tertulis lainnya (email atau aplikasi pesan).

    “Setelah kompetisi dihentikan kami intens melakukan komunikasi dengan dengan klub Liga 1 dan Liga 2. Mereka sepakat bahwa kompetisi harus dilanjutkan. Setelah itu kami bawa ke rapat Exco, dan dengan ini PSSI memutuskan melanjutkan kompetisi,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

    BACA JUGA: Liga 1 Dipusatkan di Pulau Jawa, Ini Tanggapan Ketua Viking

    Selama kompetisi dihentikan, PSSI selaku induk organisasi sepakbola Indonesia melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, yakin peserta Liga 1 dan Liga 2, Asosiasi Pelatih Sepak bola Indonesia (APSSI) serta Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI).

    Setelah melakukan koordinasi, mereka memiliki keinginan yang sama, yakni ingin kompetisi sepak bola di Indonesia bisa bergulir kembali, dengan beberapa pertimbangan dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

    Mengenai kelanjutan kompetisi sepak bola di Indonesia, selain koordinasi dengan peserta kompetisi, APSSI dan APPI, PSSI juga menjalin komunikasi dengan Kemenpora, Kemenkes, dan tim Gugus tugas Covid-19.

    Sementara itu, sebelumnya PSSI sudah mengeluarkan protokol kesehatan yang akan diterapkan saat kompetisi kembali digulirkan. Salah satu tim peserta Liga 1 2020, Persib Bandung menyatakan siap untuk menjalankan prosedur tersebut.

    Selain itu, tim kebanggaan Bobotoh juga tidak mempermasalahkan, mengenai pembatasan jumlah orang di area Stadion saat pertandingan.

    (Arif/As)

    Berita Terbaru

    spot_img