spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    RSHS Buka Kembali Layanan non-Covid-19

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dokter Hasan Sadikin siap membuka kembali layanan kesehatan umum bagi masyarakat. Hal itu menyusul penangan Covid-19 di RSHS dinilai sudah terkendali dengan penurunan pasien terpapar virus corona secara signifikan.

    “Jumlah pasien Covid-19 di ruang isolasi kini 20 persen dari sebelumnya 100 persen, tingkat kesembuhan pun tinggi,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) seusai meninjau fasilitas layanan kesehatan di RSHS Bandung, Sabtu (30/5/2020).

    Emil mengatakan bahwa menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), peningkatan kapasitas dan fasilitas layanan kesehatan menjadi syarat penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

    “Dari 300 pasien, sekarang tinggal 14 orang masih dirawat di ruang isolasi. Artinya pasien-pasien yang sembuh sudah sangat banyak,” kata dia.

    BACA JUGA: Ini Dia Istilah Baru Sepanjang Covid-19

    Tidak hanya itu, kesiapan RSHS pun membuka layanan kesehatan non-Covid-19 ditunjukan dengan hasil pengetesan terhadap seluruh karyawan dan dokter, hasilnya semua bebas virus SARS-CoV-2.

    “Sebanyak 3 ribu karyawan RSHS sudah dites, per hari ini tidak ada yang terpapar Covid-19,” kata Emil.

    Emil mengatakan, masyarakat yang ingin berobat dan berkonsultasi terkait kesehatan agar tidak menahan diri karena RSHS sudah dipastikan aman terkendali.

    Kendati begitu, dia mengingatkan agar warga yang akan berobat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak aman.

    “Warga datang nanti mengantre, dites suhu. Kalau di atas 37,5 derajat (Celcius) dia akan di-treatment khusus, yang di bawah itu (37,5 derajat Celcius) dia masuk ke pelayanan khusus. Tapi tetap harus pakai masker, jaga jarak,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img