spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Warga Nilai Biaya SKBN di RSUD Ciamis Mahal

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Sejumlah warga mengeluhkan mahalnya biaya administrasi di RSUD Kabupaten Ciamis, Jawa Barat untuk mengurus surat keterangan bebas narkotika (SKBN). 

    Salah seorang warga Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Toni Iklas mengakuinya saat keponakanya akan mengurus surat-surat untuk memenuhi syarat administrasi melamar pekerjaan. Salah satunya SKBN.

    “Saat keponakan saya datang ke RSUD Ciamis menanyakan ruangan untuk permohonan SKBN, petugas informasi justru tidak mengetahuinya,” ujar Toni, Jumat (29/5/2020).

    BACA JUGA: Warga Ciamis Serahkan ODGJ Ke Polisi, Karena Mencurigakan

    Namun, lanjut Toni, salah seorang petugas dari belakang ruangan informasi memberitahukan biaya untuk permohonan SKBN tersebut.

    “Petugas itu sambil berteriak menyebutkan biaya permohonan SKBN itu sebesar Rp174 ribu,” tambahnya. 

    Toni mengaku, saat itu keponakannya tidak membawa uang dan memang tidak mengetahui besaran biaya yang dipungut pihak RSUD Ciamis untuk memperoleh SKBN. Pasalnya, tidak ada pengumuman resmi terkait biaya yang harus dikeluarkan untuk permohonan pembuatan SKBN.

    “Keponakan saya gak jadi mengurus SKBN karena biayanya terlalu tinggi. Padahal keterangan itu sangat penting untuk persyaratan melamar kerja,” jelasnya. 

    Toni pun menyesalkan tingginya biaya untuk memperoleh SKBN padahal sangat penting untuk mengetahui seseorang terindikasi narkoba atau tidak. Akibatnya, banyak pemohon yang batal mengurus pembuatan SKBN tersebut.

    “Bagaimana bisa membersihkan generasi muda dari narkoba kalau untuk mendapatkan surat keterangan bebas atau tidaknya juga dibebani biaya sangat mahal,” pungkasnya.

    (Husen Maharaja/ars)

     

    Berita Terbaru

    spot_img