spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Hujan, Pos Masuk Jawa Barat “Off”

    BANJAR, FOKUSJabar.id: Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap kedua di Kota Banjar semakin di perketat, namun petugas mengeluh karena kurangnya fasilitas saat melakukan pemeriksaan. Pasalnya ketika turun hujan petugas berteduh. Kondisi tersebut terlihat di Check Point Cijolang, tepatnya di perbatasan Jawa Barat-Jawa Tengah hendak berteduh ketika hujan turun. Rabu (27/5/2020).

    Dari pantauan FOKUSJabar.id pemeriksaan di check point terlihat sangat diperketat terhadap pengendara yang lalu lalang melintas, akan tetapi berubah menjadi sepi dan tanpa ada pemeriksaan dikarenakan turunnya Hujan.

    Salah satu petugas di check point tersebut, Dicky Agustaf mengatakan kami bertugas untuk mencegah arus balik supaya pengendara tidak seenaknya keluar masuk ke wilayah Kota Banjar.

    “Saya berjaga dengan maksimal dalam penerapan PSBB ini, supaya tidak adanya penyebaran virus Corona dari luar,” katanya saat ditemui dilokasi.

    Meski demikian, pemeriksaan yang sangat diperketat tersebut tidak bisa dimaksimalkan kembali karena kekurangan fasilitas jika hujan seperti ini.

    “Ya kami tidak lakukan pemeriksaan lagi karena tidak ada jas hujan mas,” katanya

    Selain itu Dicky mengatakan tidak ada fasilitas yang diberikan oleh pemerintahan Kota Banjar supaya bisa tetap melakukan pemeriksaan meskipun cuaca seperti ini.

    BACA JUGA: Penjagaan Pintu Masuk Ke Jawa Barat Diperketat

    “Kami tidak dibekali jas hujan dari Gugus Tugas Kota Banjar, jadi ya kalo hujan kami neduh, dari pada kami sakit karena hujan-hujanan,” katanya.

    Sebelumnya juga petugas melakukan pemeriksaan dengan maksimal dan ketat mengikuti aturan yang diberlakukan pada masa PSBB ini.

    “Kami ngikuti aturan saja, banyak kendaraan pun yang kami intruksikan untuk memutar balikkan kendaraannya tersebut,” kata Dicky.

    Sementara petugas dari kementrian perhubungan Yayan, yang juga bertugas di check point tersebut juga mengatakan hal serupa.

    “Setiap pengendara yang tidak membawa surat ijin pasti kami tindak untuk diputar balikkan,” kata dia.

    Untuk pengendara yang mengangkut lebih dari 50 persen ditindak tegas supaya setiap pengendara terlihat mengikuti aturan yang diberlakukan pemerintah ini.

    “Hari ini dilakukan pemeriksaan dari pagi, dan ketika pengendara tidak sesuai dengan aturan, kami langsung tindak tegas, hari ini pun sudah banyak pengendara arus balik yang kami suruh putar balik kembali ketika tidak melengkapi peraturan PSBB yang diterapkan ini,” katanya.

    Dengan hal itu kondisi pemeriksaan di akses masuk Jawa Barat-Jawa Tengah jadi terlihat sepi yang sebelumnya sangat diperketat karena hujan deras. Pengendara terlihat lalu lalang keluar dan masuk di check point Cijolang Kota Banjar, Jawa Barat.

    Sebelumnya Gugus Tugas Penangan Covid-19 Jawa Barat menyatakan, akan memperketat pintu masuk ke Jawa Barat untuk menghalau arus balik pemudik yang kembali ke kota asalnya. 

    (Budiana/As)

    Berita Terbaru

    spot_img