spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Komisi II DPR Setuju Pilkada 2020 Dilaksanakan 9 Desember

    JAKARTA, FOKUSjabar.co.id: Pendapat Komisi II DPR RI menyetujui pemungutan suara Pilkada serentak 2020 dilaksanakan pada 9 Desember 2020, Rabu (27/5/2020).

    Hal itu, disampaikan dalam Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat bersama Kementerian Dalam Negeri, KPU, Badan Pengawas Pemilu, dan DKPP.

    “Berdasarkan penjelasan yang disampaikan oleh KPU RI, langkah-langkah kebijakan dan situasi pengendalian oleh pemerintah, termasuk saran, usulan, dan dukungan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melalui Surat Ketua Gugus Tugas Nomor: B 196/KA GUGAS/PD.01.02/05/2020 Tanggal 27 Mei 2020, maka Komisi II DPR bersama Mendagri RI dan KPU RI setuju pemungutan suara serentak dilaksanakan pada 9 Desember 2020,” kata Ketua Komisi II DPR, Ahmad Doli Kurnia.

    Ahmad mengatakan, keputusan itu mempertegas keputusan Rapat Kerja Komisi II DPR pada 14 April lalu.

    “Kita sepakat tanggal 9 Desember 2020 sebagai hari pencoblosan Pilkada 2020. Ini mempertegas keputusan kita tanggal 14 April lalu dan sudah dituangan dalam Perppu Nomor 2/2020,” kata Doli.

    BACA JUGA: Mall Dibuka, Ini Yang Akan Dilakukan Grand Indonesia

    Ia menjelaskan persetujuan itu dengan syarat bahwa seluruh tahapan Pilkada harus dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan, berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19, dan tetap berpedoman pada prinsip-prinsip demokrasi.

    “Kita punya fokus yang sama bahwa masyarakat Indonesia harus diutamakan keselamatannya maka kita berikan dua syarat yaitu pertama, tiap tahapan Pilkada harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga penyelenggara harus berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 dan pemerintah,” katanya.

    Syarat kedua menurut Doli, penyelenggara Pemilu tidak boleh mengurangi prinsip demokrasi dalam pelaksanaan tahapan Pilkada.

    “Karena itu, semua konsekuensi tersebut, termasuk terkait anggaran, akan menjadi perhatian Komisi II DPR dan dibahas dalam rapat berikutnya,” katanya.

    (Agung/Ant)

    Berita Terbaru

    spot_img