spot_img
Kamis 18 April 2024
spot_img
More

    Kemenag Gelar Takbir Virtual Sambut Idul Fitri

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam menggelar Takbir Virtual Nasional dan Pesan Idul Fitri dari Masjid Istiqlal, Sabtu (23/5/2020).

    “Menyambut hari kemenangan 1 Syawal 1441 Hijriyah, Kemenag berharap seluruh umat Muslim tetap dapat bersuka cita meskipun kita harus melaluinya di tengah pandemi. Kita membuat program Takbir Virtual Nasional dan Pesan Idul Fitri dari Istiqlal,” ujar Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin, Sabtu (23/5/2020).

    Takbir Virtual itu, lanjutnya, rencananya akan diikuti Presiden Joko Widodo dan Wapres KH Ma’ruf Amin melalui sambungan konferensi video.

    BACA JUGA: Idul Fitri 1441 H, Open House Tak Digelar Jokowi, Menteri, dan DPR

    “Menag Fachrul Razi, Wamenag Zainut Tauhid serta tokoh-tokoh Muslim pun rencananya akan mengikuti program ini melalui video conference,” tuturnya.

    Kegiatan yang akan dimulai sejak pukul 19.30 WIB itu, akan menghadirkan Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar.

    “Tayangannya akan disiarkan live melalui akun Youtube dan fanpage resmi Kementerian Agama serta tv pool TVRI,” tambahnya.

    Takbir virtual, diharapkan Kamaruddin dapat mengobati kerinduan umat Islam terhadap ritual malam takbiran yang biasanya dilakukan jelang 1 Syawal.

    “Jadi malam ini, kita bisa tetap bertakbiran bersama meski lewat virtual. Mari kumandangkan takbir dari rumah kita masing-masing dengan suka cita,” tegasnya.

    Sebelumnya, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan takbir keliling jelang Syawal untuk mencegah penyebaran COVID-19.

    (ars/ant)

    Berita Terbaru

    spot_img