spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Seekor Anjing dan 3 Kucing Tertular Covid-19

    AMSTERDAM, FOKUSJabar.id: Seekor anjing dan tiga kucing di Belanda tertular virus corona (Covid-19). Kasus terkonfirmasi ini menjadi yang pertama melibatkan hewan peliharaan di negara tersebut.

    “Penting bagi para pemilik hewan peliharaan mematuhi imbauan ini, pasien COVID-19 harus menjadi pencegah dengan menghindari kontak dengan hewan mereka. Anjing itu terinfeksi dari sang pemilik,” ujar Menteri Pertanian Belanda, Carola Schouten melalui surat kepada parlemen.

    “Hewan sakit milik pasien COVID-19, harus dijaga di dalam rumah sebanyak mungkin,” tambahnya.

    BACA JUGA: Tokoh Pesantren Cipaku Datangi Makodim 0613-Ciamis

    Hewan lain yang tertular COVID-19, sesekali dilaporkan dari seluruh dunia selama pandemi baru-baru ini. Institut Kesehatan Nasional Belanda mengatakan risiko hewan menulari manusia sangat kecil.

    Bulan lalu, sejumlah cerpelai di sebuah peternakan di selatan Belanda ditemukan terinfeksi virus corona.

    Schouten mengatakan 11 kucing yang tinggal di dekat peternakan tersebut dites dan tiga diantaranya menunjukkan antibodi virus tersebut, yang membuktikan mereka tertular. Tidak ada yang dinyatakan positif terinfeksi langsung.

    Sementara anjing yang tertular, disebutkan berjenis buldog Amerika berusia 8 tahun yang pemiliknya mengidap Covid-19. Hewan tersebut terpaksa dibunuh pada 30 April karena mengalami masalah pernapasan parah, dan sampel darah menunjukkan jika hewan tersebut memperlihatkan antibodi terhadap virus corona.

    “Hal itu membuktikan jika anjing tersebut mengalami infeksi virus corona. Namun, belum dipastikan apakah masalah pernapasan pada anjing itu diakibatkan oleh COVID-19 atau penyakit lainnya,” tegasnya.

    (ars/ant)

    Berita Terbaru

    spot_img