spot_img
Senin 22 April 2024
spot_img
More

    Viral! Video Kemunculan Bintang Turaya

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Viral video cahaya kecil di pagi hari yang disebut-sebut sebegai bintang turaya. 

    Kemunculan bintang Turaya itu diklaim sebagai penanda pendemi COVID-19 akan berkahir.

    Video yang awalnya diunggah ke Twitter dan disebar di berbagai media sosial, termasuk akun Instagram @nenk_update.

    “Subhanallah… Bintang TURAYA di pagi hari… benar yang di katakan Rosululah… akan habis Wabah Covid-19. apa bila ada Bintang di pagi hari.. Alhamdulillah. habis sudah sak wasanga manusia dengan adanya BUKTI. Bintang itu disaksikan byk orang.”

    Baca Juga: Ini Cara Dapatkan Token Gratis dari PLN Lewat www.pln.co.id

    Namun, astronom amatir Marufin Sudibyo berkata bahwa cahaya kecil yang beredar di foto dan video itu bukanlah bintang Turaya.

    “Bukan. Kemungkinan besar itu Mars, kalau benar difoto pada saat pagi hari sebelum matahari terbit,” kata Marufin, seperti dilansir Kompas, Jumat (1/5/2020).

    Dia berkata bahwa bintang yang dimaksud netizan mungkin adalah bintang Tsuraya atau ats-Tsuaya yang merupakan nomenklatur Arab untuk Pleiades.

    “Secara astronomis ia dikenal sebagai Pleiades atau Messier 45 (M45),” jelas dia.

    Pada saat ini, Pleiades masih berada di langit barat, tepatnya di bawah Venus. Oleh karena itu, secara teknis Pleiades akan bisa dilihat setelah terbenamnya matahari, meski kedudukannya yang sangat rendah akan membuatnya sulit untuk diamati secara langsung.

    “Pleiades akan berada di langit timur mulai pertengahan Juni mendatang, tatkala terbit lebih dulu ketimbang matahari,” ujar dia.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img