spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Covid-19, PTMSI Jabar Tingkatkan Pembinaan

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Jawa Barat bertekad untuk meningkatkan pembinaan atlet meski ditengah pandemi Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menggelar pelatihan-pelatihan bagi wasit maupun pelatih.

    Hal tersebut merupakan salah satu program kerja PTMSI Jabar tahun 2020, berdasarkan hasil rapat kerja daerah (rakerda) online yang digelar Jumat (17/4/2020) malam.

    “Pelatih dan wasit ini kan salah satu unsur pembinaan dalam olahraga yang cukup penting. Selama ini, penataran atau pelatihan bagi pelatih dan wasit ini kerap diabaikan karena terlalu fokus pada even kejuaraan,” ujar Ketua Umum Pengprov PTMSI Jabar, Ade Koesjanto usai pelaksanaan rakerda online PTMSI Jabar di gedung PMI Kota Bandung, Jalan Aceh Kota Bandung, Jumat (17/4/2020) malam.

    BACA JUGA: Rakerda Online PTMSI Jabar Ditengah Pandemi Covid-19, Sukses Digelar

    Melalui penataran/pelatihan, lanjut Ade, diharapkan bisa melahirkan wasit dan pelatih yang berkualitas. Tidak hanya di satu daerah, tapi tersebut di setiap kota dan kabupaten di Jabar.

    “Selama ini, wasit dan pelatih terkonsentrasi di Bandung Raya khususnya di Kota Bandung. Kedepan, kita ingin wasit dan pelatih ini merata di setiap kota dan kabupaten. Tapi wasit dan pelatih yang memang bersertifikasi sehingga kualitasnya tidak diragukan,” terangnya.

    Dengan semakin banyak dan meratanya pelatih maupun wasit yang berkualitas di setiap kota dan kabupaten, Ade yakin akan menumbuhkan dan melahirkan semakin banyak atlet potensial serta berkualitas. Pasalnya, potensi atlet tenis meja di Jabar cukup melimpah banyak.

    “Pelatih berkualitas bisa meningkatkan kualitas atlet dari sisi teknik, sedangkan wasit berkualitas bisa melahirkan atlet yang punya attitude yang baik saat berlaga. Jadi bukan hanya atlet yang baik dari sisi teknik dan fisik saja, tapi juga attitude serta pengetahuan peraturannya pun bagus,” tambahnya.

    Selain meningkatkan kualitas dan kuantitas pelatih serta wasit, lanjutnya, beberapa program kerja lain pun disiapkan PTMSI Jabar. Diantaranya beberapa agenda kejuaraan yang berjenjang. Mulai dari tingkatb kota/kabupaten, provinsi, hingga nasional di beberapa kelompok usia.

    “Saat kita punya banyak atlet berkualitas, maka untuk menguji hasil pembinaan ya melalui sebuah kompetisi atau kejuaraan. Karena itu, kita pun menyiapkan beberapa agenda kejuaraan di tahun 2020. Semoga saja, wabah Covid-19 ini bisa secepatnya teratasi dan tuntas sehingga semua program kerja dan kegiatan yang sudah dirancang bisa berjalan dengan baik,” tegasnya.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img