spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Dokter di Ciamis Positif Covid-19, Hoaks?

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Seorang dokter spesialis anak di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat diisukan positif virus corona (Covid-19). Faktanya, tim Gugus Tugas Covid-19 Ciamis telah melakukan tes RDT kepada dokter spesialis anak tersebut dan hasilnya negatif.

    Sementara isu di media sosial mengatakan jika ada yang positif corona. Informasi tersebut pun tidak bisa dipertanggungjawabkan.

    Juru bicara PIK Covid-19 Ciamis dr. Bayu Yudiawan mengatakan, memang benar ada warga yang tes RDT-nya positif di daerah Bolenglang. Namun belum terkonfirmasi positif dari hasil tes PCR atau Swab.

    “Jadi kami meminta masyarakat arif dan bijak. Di situasi seperti sekarang ini, kedepankanlah rasa empati kepada masyarakat yang di tes RDT atau PCR-nya positif, jangan ada stigma yang negatif,” kata Bayu, Kamis (16/04/2020).

    BACA JUGA: Pasca Covid-19, Nasabah Baru Pegadaian Ciamis Naik

    Apalagi tes RDT keakuratannya tidak mutlak. Sangat memungkinkan bisa berbeda dengan hasil swab atau tes PCR.

    “Tes RDT itu dugaan, belum terkonfirmasi positif. Mudah-mudahan hasil swab tidak positif,” katanya.

    Sampai hari ini, yang terkonfirmasi PCR positif Covid-19 di Ciamis masih di dua orang dan belum ada penambahan.

    Pasien positif 01 sedang melakukan perawatan isolasi di rumah sakit. Sedangkan pasien positif 02, perawatan isolasi di rumahnya.

    Kedua pasien terus di swab berkala, dan mengalami kondisi yang berangsur membaik. Belum jelas apakah kedua pasien tersebut berprofesi sebagai dokter spesialis.

    (DH)

    Berita Terbaru

    spot_img