spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    PMI Kota Tasikmalaya Lakukan Penyemprotan Disinfektan Di Kantor BI

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tasikmalaya melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Kantor Bank Indonesia Perwakilan Tasikmalaya.

    Penyemprotan disinfektan dilakukan sebagai dampak terus merebaknya pandemi virus corona (Covid-19) khususnya di wilayah Kota Tasik yang sudah memapari enam orang pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

    Koordinator Bidang Pelayanan PMI Kota Tasikmalaya Yudi Nurdian mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan salah satu upaya tepat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 baik dilingkungan tempat kerja, kantor, rumah ataupun sarana umum lainnya.

    “PMI terus melakukan aksi kemanusiaan dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah kantor pelayanan publik, sarana ibadah, sarana pendidikan untuk memutus pandemi virus corona yang saat in sedang mewabah,” kata Yudi di Kantor BI Perwakilan Tasikmalaya Sabtu (4/4/20).

    Yudi menjelaskan, penyemprotan disinspektan ini sangat penting khususnya tempat-tempat pelayanan publik pasalnya area ini banyak didatangi masyarakat yang latar belakangnya tidak diketahui terpapar Covid-19 atau tidak.

    Baca juga: Sempat Ditolak, Rapid Test Drive True Covid-19 Digelar di Dua Tempat

    “Penyemprotan ini sudah menjadi anjuran Pemerintah, namun cairan disinfektan yang gunakan harus sesuai standar WHO agar benar-benar mampu mencegah dan membunuh virus sehingga tidak menyebar kemana-mana,” ujarnya.

    Sejauh ini menurut Yudi, sudah lebih dari 150 titik dan lokasi yang telah dilakukan penyemprotan cairan disinfektan dengan harapan wilayah Kota Tasik lebih steril dari penyebaran virus corona.

    “Penyemprotan salah satu upaya pencegahan virus, tapi masih banyak hal yang perlu dilakukan untuk mencegahnya seperti dianjurkan Pemerintah, jaga jarak (social distancing), jaga jarak fisik (physical distancing), berdiam dirumah termasuk rajin mencuci tangan dengan sabun,” ucap Yudi.

    Sementara Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Tasikmalaya Sri Mulyati mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan Kantor BI ini sudah menjadi intruksi dari kantor BI Pusat.

    “Ini arahan dari pusat, bahwa seluruh kantor perwakilan BI di seluruh indonesia termasuk perwakilan luar negeri diwajibkan melakukan penyemprotan cairan disinfektan sebagai upaya untuk pencegahan penyebaran virus baru Covid-19 khususnya di lingkungan kantor tempat kerja,” ucap Sri

    Lanjutnya, Kantor BI Perwakilan Tasikmalaya sendiri sudah sangat respon sekali dalam upaya melakukan pencegahan penyebaran Covid19 di lingkungan kerja dengan melakukan berbagai langkah-langkah.

    “BI Tasikmalaya sudah melakukan penyemprotan cairan disinfektan, penyediaan hand sanitizer, pemakaian masker bagi para pegawai, tidak boleh mudik dan keluar kota bagi pegawai termasuk menerapkan pola kerja Work From Home (WFH) bagi para karyawan,” tuturnya.

    Sri menambahkan, BI Tasikmalaya pun ikut membantu Pemerintah Daerah di wilayah Priangan Timur dalam menghadapi pandemi wabah corona dengan memberikan bantuan alat pelindung diri (APD).

    “BI akan menyalurkan bantuan pelindung diri ke Pemerintah daerah di Priangan Timur berupa alat pelindung diri mulai dari masker, baju, kaca mata google, hand sanitizer serta lainnya,” tuturnya.
    (Seda/As)

    Berita Terbaru

    spot_img