spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Covid-19, Pemkot Bandung Siapkan 23 Ribu Paket Sembako

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung siapkan 23 ribu paket sembako di Posko Bantuan Covid-19. Bantuan tersebut diberikan kepada 22 ribu Kepala Keluarga (KK) yang masuk dalam kategori desil 1 (sangat miskin) dan desil 2 (miskin).

    Hal ini sebagai upaya dari Pemkot Bandung untuk membantu masyarakat kurang mampu yang terdampak pandemi.

    “Kita hari ini sudah berupaya, selain memerintahkan masyarakat untuk diam di rumah, kami bekerjasama dengan para donatur untuk membantu masyarakat,” kata Wali Kota Bandung Oded M Danial, di Pendopo, Jalan Dalemkaum, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (30/3/2020).

    baca juga: Pemkot Bandung Siapkan Bantuan Pangan untuk Terdampak Corona

    Paket sembako tersebut disiapkan Pemkot Bandung untuk mencukupi kebutuhan selama 14 hari ke depan. Kendati begitu, pemerintah akan terus berupaya menyiapkan bantuan hingga tiga bulan ke depan.

    “Bahan-bahan sembako ini khusus untuk masyarakat yang miskin dan terdampak wabah virus corona. Dengan begitu mereka bisa diam di rumah dan mudah-mudahan bisa membantu mereka agar dapur tetap ngebul,” kata dia.

    Rencananya, paket sembako yang dikumpulkan di Posko Bantuan Peduli Covid-19 Kota Bandung akan disalurkan melalui kecamatan. Kemudian setiap kecamatan akan mebagikan ke setiap rumah warga yang membutuhkan.

    Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung Tono Rusdiantono mengatakan, di Kota Bandung terdata sekitar 133 KK warga miskin yang terdiri dari desil 1, desil 2, desil 3 (rentan miskin) dan desil 4 (hampir miskin).

    “Dalam kondisi saat ini kita dahulukan kalangan desil 1 dan 2 yang jumlahnya mencapai 80 ribu kk. Dari jumlah itu, sekitar 61 ribu kk sudah terakomodasi mendapatkan beragam program bantuan dari pemerintah pusat, sehingga Pemkot Bandung harus prioritaskan yang belum. Setelah proses verifikasi dan validasi, jumlahnya mencapai sekitar 22 ribu kk,” kata Tono. 

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img