spot_img
Kamis 9 Mei 2024
spot_img
More

    Cegah Corona, Orang dari Luar Ciamis Disemprot Disinfektan

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Cegah penyebaran virus Corona, Forum Komunikasi Kecamatan (Forkompinca) dibantu petugas TNI dan Polri langsung menyemprotkan cairan disinfektan terhadap dua bus dan seluruh penumpang di dalamnya yang baru tiba di Ciamis.

    Penyemprotan itu dilakukan kepada bus yang mengangkut Tenaga Kerja dari PT Wardah Jakarta yang tiba di Cisena, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, Sabtu (28/3/2020). Hal itu dilakukan karena mereka dianggap paling rentan terpapar virus corona bahkan menularkannya.

    baca juga: 500 Unit Semprotan Milik Kadin garut Siap Perangi Covid-19

    Kepala UPTD Puskesmas Sukadana Yani Lestari Rahayu mengatakan, para penumpang yang turun dari bus itu langsung diarahkan menjalani penyemprotan disinfektan oleh tim medis.

    “Kami lakukan skrining pemeriksaan kesehatan kepada 98 orang penumpang bus yang tiba di wilayah Sukadana. Ini untuk meminimalisasi penyebaran virus corona,” kata Yani.

    Setelah dilakukan skrining kesehatan, nantinya warga yang baru datang dari zona merah (Jakarta) akan diberikan kartu pemantauan dan protokol isolasi mandiri di rumah selama empat belas hari.

    Sementara itu, Camat Sukadana Asep Khalid mengatakan bahwa dari 98 orang yang diskrining tadi, 81 orang di antaranya warga Kecamatan Sukadana dan sisanya di luar Sukadana. Setelah diskrining kesehat, mereka alam kondisi sehat dan berhadap mereka bisa mengisolasi diri selama 14 hari.

    “Kami tidak bisa menjamin selama waktu isolasi mandiri kondisi mereka bagaimana. Kita sekarang tinggal memantau,” kata Asep

    Selain Itu, Kapolsek Sukadana Asep Setiawan Prayatna mengaku akan memantau selama 14 hari ke depan secara terus menerus. Pihaknya pun mengimbau agar warga pendatang yang merasa ada demam, batuk serta sesak napas supaya segera berkunjung ke Puskesmas untuk pengecekan kesehatannya.

    (Andri/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img