spot_img
Senin 22 April 2024
spot_img
More

    Antisipasi Penyebaran Corona, KONI Jabar Hentikan Pelatda PON XX Hingga 30 Maret 2020

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat mengeluarkan surat edaran terkait penghentian pelaksanaan pemusatan latihan daerah (pelatda) yang digelar setiap cabang olahraga untuk persiapan PON XX/2020. Kegiatan latihan pun diharapkan dilakukan setiap atlet secara mandiri di rumah masing-masing.

    “Seluruh Pengurus Daerah (Pengda)/Pengurus Provinsi (Pengprov) cabang olahraga, penanggung jawab/manajer, pelatih dan atlet Pelatda PON XX Jawa Barat diminta untuk melaksanakan kegiatan latihan secara mandiri di rumah masing-masing dengan petunjuk program yang diberikan para pelatih mulai tanggal 16 sampai 30 Maret 2020,” ujar Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Senin (16/3/2020).

    BACA JUGA: Covid-19, DPR: Event Olahraga di Indonesia Harus Dihentikan

    Instruksi tersebut, tertuang dalam surat edaran KONI Jabar bernomor 0315/04/III/2020 tertanggal 15 Maret 2020. Surat edaran tersebut selaras dengan surat edaran/imbauan Menpora RI tertanggal 13 Maret 2020 serta keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor: 443/Kep.176-Dinkes/2020 tanggal 14 Maret 2020 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Jawa Barat. Surat Edaran KONI Jabar dalam rangka pencegahan dan meminimalisir dampak negatif virus Corona (Covid-19) ditujukan bagi pengurus KONI Jabar, pengprov cabang olahraga di Jabar, KONI Kota/Kabupaten di Jabar, penanggungjawab/manajer Pelatda PON XX Jabar, pelatih cabang olahraga Pelatda PON XX Jabar, atlet Pelatda PON XX Jabar, serta karyawan KONI Jabar.

    Ahmad pun meminta semua insan olahraga raga Jabar mencegah infeksi dan Covid-19 dengan meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi diri dari infeksi virus Corona. Lalu menjaga kesehatan dan meningkatkan kebugaran dengan tetap aktif berolahrga, beraktifitas fisik, menjaga kebersihan dan menerapkan pola hidup sehat.

    “Hindari kegiatan-kegiatan di tempat umum dulu dan selalu membersihkan tangan setelah beraktivitas atau berinteraksi dengan orang lain. Kurangi juga penggunaan pendingin ruangan (AC) karena Covid-19 ini hanya dapat berkembang pada suhu di bawah 27 derajat celcius,” terangnya.

    Ahmad menambahkan, pihaknya pun meminta agar semua akses kegiatan publik atau masyarakat umum yang menggunakan kawasan komplek olahraga Pajajaran, Cisangkan, dan Cipule/Jatiluhur ditutup sementara mulai 16 Maret sampai 30 Maret 2020.

    “Sarana olah raga yang dikelola KONI Jabar kita tutup dulu sementara. Ini untuk menjaga keselamatan insan olah raga maupun masyarakat umum sekaligus menutup penyebaran virus corona,” kata Ahmad.

    Namun untuk pelayanan cabang olah raga maupun KONI Kabupaten/Kota tetap berjalan normal dengan mengutamakan kesehatan dan keselamatan. 

    “Pelayanan tetap berjalan, namun tetap jaga kesehatan dan kebersihan. Kalau merasakan demam, batuk, flu, segeralah periksakan diri ke dokter,” pungkasnya.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img