spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Selama 2 Hari, Ratusan Advokat Bertarung di Lapangan Hijau

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Sekitar 400 lawyer dari seluruh Indonesia saling menjajal kemampuan mengolah bola di lapangan hijau dalam kompetisi sepak bola bertajuk ‘Tournament Mini Soccer 7 on 7: AAI Bandung Cup 2020’. Gelaran turnamen sepak bola antar advokat ini digelar di Stadion Siliwangi, Jalan Lombok Kota Bandung, Sabtu-Minggu (14-15/3/2020).

    Ketua DPC Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) Bandung Wenda S. Aluwi mengatakan bahwa ini kegiatan rutin setiap tahun. Tahun ini yang keenam, dan DPC AAI Bandung didapuk sebagai tuan rumah.

    “Kota Bandung ini kota keempat yang menjadi tuan rumah turnamen sepak bola antar advokat setelah Jakarta, Surabaya, dan Jogjakarta. Bagi AAI Bandung, ini menjadi gelaran pertama sebagai tuan rumah,” kata Wenda di el Royale Hotel, Jalan Merdeka Kota Bandung, Jumat (13/3/2020) malam.

    Dalam turnamen ini, semua pesertanya ada advokat dari seluruh Indonesia yang mewakili organisasi advokat, kantor hukum, hingga alumni fakultas hukum. 

    “Total ada 20 tim advokat yang menyatakan ikut serta mewakili organisasi advokat, kantor hukum, hingga alumni fakultas hukum dari seluruh Indonesia. Satu tim, rata-rata berjumlah 20 oran sehingga total sekitar 400 advokat akan tumplek di stadion Siliwangi dalam dua hari kedepan,” terangnya.

    Ke-20 tim yang akan berlaga pada ‘Tournament Mini Soccer 7 on 7: AAI Bandung Cup 2020’ yakni tim AAI Jakarta Law Firm James Purba & Partners (JPP), AAI Jakarta Pusat, Jogjakarta Lawyers Football Club (JLFC), Peradi Jakarta Pusat, Peradi Jakarta Timur, Peradi Bandung, Peradi Bale Bandung, Peradi Surabaya, Peradi Semarang, Peradi Young Lawyers Club, Ikadin Bandung, Ikadin Bale Bandung, Ikadin Kendari, Trust Lawyer Club, DB & Ass Jakarta, Hagan & As. Makasar, dan eks FH Unpar.

    Tapi di lapangan hijau, kita bertemu di suasana berbeda. Suasana yang ceria dan hangat, tanpa harus bersitegang membela pendapat masing-masing seperti saat di meja hijau. Olahraga ini mampu mempersatukan perbedaan

    “Kita sebagai tuan rumah, mengirim tiga tim. Yakni AAI Bandung 1, AAI Bandung 2, dan AAI Bandung Ceria. Melalui turnamen sepak bola ini, kita sesama advokat bisa silaturahmi tak melihat dari organisasi atau kantor hukum mana serta dengan suasana yang berbeda. Olahraga, khususnya sepak bola, menyatukan kita semua. Satu tim, rata-rata akan doisi sebanyak 20 orang sehingga pada turnamen kali ini diisi oleh sekitar 400 orang advokat,” tegasnya.

    Salah seorang peserta, James Purba mengaku melalui turnamen sepak bola bisa berinteraksi dengan sesama advokat tanpa melihat asal organisasinya. Selama ini, para advokat selali bertemu di meja hijau dengan suasana yang serius saat membela para klien masing-masing.

    “Tapi di lapangan hijau, kita bertemu di suasana berbeda. Suasana yang ceria dan hangat, tanpa harus bersitegang membela pendapat masing-masing seperti saat di meja hijau. Olahraga ini mampu mempersatukan perbedaan,” ujar James.

    Baca Juga : Program e-Court, Meiman : Advokat Bisa Ajukan Gugatan Secara Online

    Pada turnamen sepak bola yang pertama kali digagas Peradi Jakarta Pusat ini, James bertekad untuk menjadi yang terbaik. Dirinya bersama rekan satu timnya sudah melakukan persiapan menghadapi gelaran turnamen sepak bola tahunan antar advokat ini.

    “Kalau target kita ya tentu menjadi juara, kalau pun saat ini kita tidak jadi juara ya akan berusaha di gelaran berikutnya. Yang terpenting, kita bisa silaturahmi dengan advokat seluruh Indonesia dan menambah relasi,” tuturnya.

    Sementara Ketua Panitia Pelaksana, Edwin Hardi menuturkan, turnamen menggunakan sistem round robin dimana 20 tim akan dibagi dalam 4 grup yang masing-masing diisi 5 tim. Dari satu grup tersebut, akan diambil dua tim terbaik sebagai juara dan runner up untuk melaju ke babak knock out.

    “Pertandingan akan digelar 2×10 menit dengan menggunakan setengah lapangan sepak bola. Turnamen memperebutkan total hadiah Rp30 juta untuk tim juara, pemain terbaik, dan top skor,” pungkas Edwin.

    Tournamen Mini Soccer 7 on 7: AAI Bandung Cup 2020 yang didukung Asprov PSSI Jabar serta aplikasi pertandingan lapangbola.com akan dibuka pada Sabtu (14/3/2020) oleh Ketua Umum DPP AAI, Muhammad Ismak. Rencananya, gelaran pembukaan pun akan dihadiri Komisaris PT PBB, Kuswara S. Taryono serta beberapa pemain Persib Bandung.

     
    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img